Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Teknik Lingkungan |
Kode Matakuliah | MKB3823 |
Nama Matakuliah | PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA |
Semester | 6 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | Ir. ARIS DWICAHYANTO, M.M., M.Si. |
Peserta Perkuliahan | 331610019 - HARRY FADILLAH PRATAMA, 331710050 - DEVI SULASTRI, 331710055 - WAHYU NOFAN RAHAYU, 331710074 - IRFAN NAWAWI, 331710084 - MUHAMAD RACHMAN HAKIM, 331710088 - FAZRIAH AGUSTIN, 331710089 - IQBAL SAUQI BARRON, 331710090 - ENDO PRIAN SUNANTARA, 331710091 - UMI KHAIRUNNISA, 331710092 - DENI SEPTIADI, 331710099 - RAHMAD GUNAWAN, 331710101 - YULIA RESI ANDINI, 331710102 - IDAM MAKARYO, 331710103 - YULIA RESI ANDINA, 331710104 - AHMAD RIZAL FARUQ FARHAN, 331710107 - MUHAMAD BASIR ANDRIAN, 331710114 - CROSITA AGATHA, 331710117 - BAGAS RINALDI, 331710118 - DWI PUTRI HIKMAH, 331710148 - FEBRIANDI RISKI RAMADHAN, 331710163 - BORKAT NATALI PARDOMUAN, 331710166 - AHMAD SYARIF, 331710187 - PIPIT MARTINI DIMIYATIN, 331710200 - ANDY KOSWARA, 331710202 - ADELIA ISLAMINISA, 331710204 - SOPYAN SULAEMAN, 331720234 - ASTRI SHABRINA MEILASARI |
Membekali mahasiawa tentang pengendalian pencemaran udara
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang pengendalian pencemaran udara, sumber pencemar, alat pengendalian pencemaran udara
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Ambient Standar Philoshophy | Pembahasan tentang Air Pollution Control Philoshphy | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ambient udara |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Biaya dan manfaat pengendalian pencemaran udara | Pembahasan tentang Cost Benefit Phylosophy | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Cost dan benefit Pengendalian pencemaran Udara | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Cost Benefit Phyloshophi |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Peraturan dan perundangan Pengendalian Pencemaran Udara | Pembahasan tentang Law and Regulation At Indonesia | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Law and REgulation In Indonesia |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pencemar udara, pengukuran rata-rata pencemar udara, sample representatif | Pembahasan tentang "The nature of Pollutan", "Averaging", "Sample representatif" | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pencemar udara, pengukuran rata rata udara, sample repreentatif |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Emsisi SO2, Stoke Law, Gravity Settler | Pembahasan tentang Emisi SO2, Stoke Law, Gravity Settler | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Emisi SO2, Stoke Law, Gravity Settler |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perbedaan aliran laiminer versus turbulen pada fluida udara | Pembahasan tentang Stokes, Aliran laminer, aliran turbulen | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Stokes, aliran laminer, turbulen |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Cyclone | Pembahasan tentangCyclone | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Cyclone |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan FILTER | Pembahasan tentang FILTER | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | FILTER |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang SCRUBBER | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | SCRUBBER |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan ....DISTRIBUSI GAUSS | Pembahasan tentang ...DISTRIBUSI GAUSS | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | DISTRIBUSI GAUSS |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ...ELECTROSTATIC PRESIPITATOR | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ELECTROSTATIC PRESIPITATOR |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan ....CALCULATION SCRUBBER, FILTER, GAUSS, ESP | Pembahasan tentang ...CALCULATION SCRUBBER, FILTER, SCRUBBER, ESP | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | CALCULATION SCRUBBER, FILTER, GAUSS, ESP |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan ....UAS PPU | 16 : UAS | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | UAS PPU |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MKB3823-PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA (3 SKS), Semester: 6 TL.17.D.3, Dosen : Ir. ARIS DWICAHYANTO, M.M., M.Si., Ruang: 202, Hari: Minggu, 15.30 s.d 18.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Lingkungan
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa