MKB3823-PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA (3 SKS) 6 TL.17.D.3 Ir. ARIS DWICAHYANTO, M.M., M.Si. 202, Minggu, 15.30 s.d 18.00 2019/2020

DSpace Repository

MKB3823-PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA (3 SKS) 6 TL.17.D.3 Ir. ARIS DWICAHYANTO, M.M., M.Si. 202, Minggu, 15.30 s.d 18.00 2019/2020

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas TEKNIK (FT)
Jurusan Teknik Lingkungan
Kode Matakuliah MKB3823
Nama Matakuliah PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA
Semester 6
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Ir. ARIS DWICAHYANTO, M.M., M.Si.
Peserta Perkuliahan 331610019 - HARRY FADILLAH PRATAMA,
331710050 - DEVI SULASTRI,
331710055 - WAHYU NOFAN RAHAYU,
331710074 - IRFAN NAWAWI,
331710084 - MUHAMAD RACHMAN HAKIM,
331710088 - FAZRIAH AGUSTIN,
331710089 - IQBAL SAUQI BARRON,
331710090 - ENDO PRIAN SUNANTARA,
331710091 - UMI KHAIRUNNISA,
331710092 - DENI SEPTIADI,
331710099 - RAHMAD GUNAWAN,
331710101 - YULIA RESI ANDINI,
331710102 - IDAM MAKARYO,
331710103 - YULIA RESI ANDINA,
331710104 - AHMAD RIZAL FARUQ FARHAN,
331710107 - MUHAMAD BASIR ANDRIAN,
331710114 - CROSITA AGATHA,
331710117 - BAGAS RINALDI,
331710118 - DWI PUTRI HIKMAH,
331710148 - FEBRIANDI RISKI RAMADHAN,
331710163 - BORKAT NATALI PARDOMUAN,
331710166 - AHMAD SYARIF,
331710187 - PIPIT MARTINI DIMIYATIN,
331710200 - ANDY KOSWARA,
331710202 - ADELIA ISLAMINISA,
331710204 - SOPYAN SULAEMAN,
331720234 - ASTRI SHABRINA MEILASARI

2. Deskripsi Pembelajaran

Membekali mahasiawa tentang pengendalian pencemaran udara

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang pengendalian pencemaran udara, sumber pencemar, alat pengendalian pencemaran udara

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Ambient Standar Philoshophy Pembahasan tentang Air Pollution Control Philoshphy Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ambient udara
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Biaya dan manfaat pengendalian pencemaran udara Pembahasan tentang Cost Benefit Phylosophy Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Cost dan benefit Pengendalian pencemaran Udara 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Cost Benefit Phyloshophi
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Peraturan dan perundangan Pengendalian Pencemaran Udara Pembahasan tentang Law and Regulation At Indonesia Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Law and REgulation In Indonesia
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pencemar udara, pengukuran rata-rata pencemar udara, sample representatif Pembahasan tentang "The nature of Pollutan", "Averaging", "Sample representatif" Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Pencemar udara, pengukuran rata rata udara, sample repreentatif
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Emsisi SO2, Stoke Law, Gravity Settler Pembahasan tentang Emisi SO2, Stoke Law, Gravity Settler Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Emisi SO2, Stoke Law, Gravity Settler
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perbedaan aliran laiminer versus turbulen pada fluida udara Pembahasan tentang Stokes, Aliran laminer, aliran turbulen Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Stokes, aliran laminer, turbulen
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Cyclone Pembahasan tentangCyclone Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Cyclone
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan FILTER Pembahasan tentang FILTER Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya FILTER
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang SCRUBBER Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya SCRUBBER
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan ....DISTRIBUSI GAUSS Pembahasan tentang ...DISTRIBUSI GAUSS Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya DISTRIBUSI GAUSS
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ...ELECTROSTATIC PRESIPITATOR Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya ELECTROSTATIC PRESIPITATOR
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan ....CALCULATION SCRUBBER, FILTER, GAUSS, ESP Pembahasan tentang ...CALCULATION SCRUBBER, FILTER, SCRUBBER, ESP Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya CALCULATION SCRUBBER, FILTER, GAUSS, ESP
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan ....UAS PPU 16 : UAS Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya UAS PPU

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: MKB3823-PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA (3 SKS), Semester: 6 TL.17.D.3, Dosen : Ir. ARIS DWICAHYANTO, M.M., M.Si., Ruang: 202, Hari: Minggu, 15.30 s.d 18.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Lingkungan

Recent Submissions

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account

Discover

RSS Feeds