Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Teknik Informatika |
Kode Matakuliah | TIF3252 |
Nama Matakuliah | Komputer dan Masyarakat |
Semester | 6 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | Arif Susilo, SKom, MKom, MM |
Peserta Perkuliahan | 311710006 - WARIS SUGIANTO, 311710008 - SUPRIYONO, 311710009 - FEBYAN SULASTRI, 311710020 - MUHAMMAD RIZKY HAMDANI, 311710021 - ROBI DARWIS, 311710023 - CITRA ASKARIYAH PRATIWI, 311710025 - ABIE MAHARDIKA, 311710026 - ROCHANI TRILARASATI, 311710027 - EKI FIRDAUS, 311710028 - RITA KRISDHAYANTI, 311710029 - DWI ASTUTIK, 311710030 - SULDANI, 311710032 - EFRILITA S, 311710036 - DENY KUNTORO, 311710038 - PUTRI RAHMADANI, 311710039 - MUHAMMAD RUSHKY RIZANO, 311710042 - EFI MEIDA PRATIWI, 311710043 - SISCA SUSANTI, 311710044 - SAJIDATUN ISHMAH, 311710045 - RIDWAN, 311710046 - DONY ANDREAN, 311710057 - FARID EFFENDI, 311710060 - DANI KHOERULOH, 311710061 - AYU TIARA, 311710062 - PRIYOGA AMBORO, 311710071 - HARIYANTO, 311710073 - ABIZAR AR RIFA'I, 311710075 - ROHMAT HIDAYANTO, 311710116 - FAOZI APRIANA, 311710179 - ABDUL RAHMAN CHOLIK, 311710217 - PANJI LIO RENO SAPUTRO, 311710232 - MUCH AHDIF FITRIANTO, 311710241 - SITI AMINAH, 311710300 - EHHA HANNIFAH, 311710384 - AFIP RIZQI SAPUTRA, 311710435 - MUHAMMAD ILMI ALIMUDIN, 311710440 - VIVI YUNITA WARUWU, 311710564 - MICHAEL JAYADI, 311710599 - NURJANAH, 311710606 - NAUFAL MUYASSAR, 311710611 - SUSI EVANGGELISTA PANJAITAN, 311710621 - IYAN SOPIYAN, 311710632 - FERRY DWI PRASAJA, 311710660 - SILVI WIDIANI, 311710676 - USWATUN KHASANAH, 311710747 - TAUFIQ ALHAKIM, 311710750 - IVAN REYNATA |
Mata kuliah ini membahas tentang definisi komputer bagaimana fungsi-fungsinya, bagaimana menerapkan dalam kehidupan dimasyarakat. Serta dapat mengetahui dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
1. Mampu menguasai bidang khusus fokus pengetahuan ilmu komputer,
2. Mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Sejarah komputer, fungsi dan arus komputer | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Berbagai aplikasi komputer dalam kehidupan masyarakat dan isu-isu sosial dimasyarakat. |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Power Point Materi Perkuliahan |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | ERGONOMI DALAM DUNIA TEKNOLOGI INFORMASI | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Power Point Materi Kuliah Hari ini |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pengertian Internet | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Defenisi, Fungsi, Manfaat, Dampaknya |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Jaringan Komputer | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pengertian, Jenis-jenis, dan Topologi Jaringan |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Masyarakat tradisional,industri dan informasi | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | - Definisi masyarakat tradisional,industri dan informasi - Ciri2 Masyarakat Tradisionil, Industri, dan Informasi - Perbedaan Masyarakat Tradisionil, Industri, Informasi - Kelebihan Masyarakat Tradisionil, Industri, dan Informasi - Kelemahan/kekurangan Masyarakat Tradisionil, Industri, dan Informasi |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Definisi pekerjaan,profesi dan profesional | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Definisi, Pengertian, dan Jenis : Pekerjaan, Profesi dan Profesional di bidang Teknologi Informasi |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Konsep dan Tujuan HAKI, | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Memahami Konsep dan Tujuan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual), |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | e-commerce dan e-bussines | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pengertian dan Konsep e-Commerce dan e-Bussines |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Definisi Kejahatan Komputer | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Keamanan Komputer | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan dan Pembagian Tugas Kelompok | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Materi Kuliah sampai dengan Akhir Perkuliahan Semester Genap 2019/2020 |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi Tugas Kelompok A,B,C,E | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Konsep & Tujuan HAKI, Cybercrime, e-Commerce & e-Business, Etika di dalam ber Internet |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Konsep UU ITE | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF3252-Komputer dan Masyarakat (2 SKS), Semester: 6 TI.17.D.1, Dosen : Arif Susilo, SKom, MKom, MM, Ruang: B318, Hari: Minggu, 12.32 s.d 15.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa