MKB201-DASAR PERENCANAAN DAN PERANCANGAN (3 SKS) 2 Ars.19.C IR. HARRY MIARSONO, M.ARCH, M.CP, PH.D, Retno Fitri Astuti, S.T., M.T. B324, Minggu, 09.30 s.d 12.00 2019/2020

DSpace Repository

MKB201-DASAR PERENCANAAN DAN PERANCANGAN (3 SKS) 2 Ars.19.C IR. HARRY MIARSONO, M.ARCH, M.CP, PH.D, Retno Fitri Astuti, S.T., M.T. B324, Minggu, 09.30 s.d 12.00 2019/2020

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas TEKNIK (FT)
Jurusan Arsitektur
Kode Matakuliah MKB201
Nama Matakuliah DASAR PERENCANAAN DAN PERANCANGAN
Semester 2
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan IR. HARRY MIARSONO, M.ARCH, M.CP, PH.D,
Retno Fitri Astuti, S.T., M.T.
Peserta Perkuliahan 321910001 - ALFIANSYAH ANNUR MULYAWAN,
321910009 - NUGIE ANGGIA,
321910012 - ARINANDA HADI RAMADHAN,
321910019 - BAIK DISCO SIMAMORA,
321910020 - BAGUS ERLANGGA,
321910021 - ELZA DWI MURTI,
321910022 - EKA IRAWATI,
321910036 - IMAN NUDIN,
321910037 - M.RISQI BAHARUDIN,
321910039 - ALWI AZWAR,
321910040 - ICHWAN NAIF MUSTAHLAFIN,
321910041 - MUHAMMAD IQBAL,
321910042 - DEVI ASYIFA HIDAYAT,
321910043 - IQBAL MAULANA ARWANSYAH,
321910044 - ALMA FIRISKI GRISTANLIA,
321910045 - JAMAS SIAGA ANGGODO,
321910050 - RIZKY SAPUTRA,
321910059 - FIKRI AZHARI HERMAWAN,
321910063 - MOHAMMAD ROFIQIN,
321910065 - RAMADHANILHAQ MUBAROK,
321910067 - CHAIRUL ANWAR,
321910071 - RIDWAN IRSYAD,
321910072 - IRGI SATRIA SUNARYA,
321910074 - ACHMAD RUSLI RHOMADHON,
321910083 - RIZAL KHUSAENI,
321910085 - RAHMAT NURFAUZI,
321910086 - HERI SEPTIAWAN,
321910092 - ARUN SAPUTRO,
321910093 - WAHYU SANG WIDHIAMI,
321910094 - GALIH FIRMANSYAH WIHARJA,
321910095 - RIDO SANTOSO,
321910098 - BAGUS HARI PRABOWO,
321910099 - JOKO TEGUH PRIANTO,
321910101 - RIADI RAHARJO,
321910103 - AGUNG FEBRIANTO SGH,
321910105 - JERI FRANSISCUS SARAGIH,
321920107 - DIAN AGUS SUPRIYATMAN,
321920115 - AHMAD FAJAR ANDREANSYAH

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini mempelajari tentang arti pentingnya perencanaan dan perancangan bagi sarjana arsitektur, serta mengajarkan bagaimana proses perencanaan dan perancangan itu terjadi, serta apa saja yang harus dupelajari mhasiswa dalam setiap tahapan proses tersebut.

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa mampu memahami apa saja dasar-dasar perencanaan dan perancangan sebagai persiapan menempuh mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur 1

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang pengertian perencanaan Pembahasan tentang pengertian perencanaan Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan proses perencanaan Pembahasan tentang proses perencanaan Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pengertian perancangan arsitektur Pembahasan tentang pengertian perancangan arsitektur Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang pentingnya perencanaan dan perancangan dalam arsitektur Pembahasan tentang pentingnya perencanaan dan perancangan dalam arsitektur Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan metode design thinking Pembahasan tentang metode design thinking Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu mengerjakan soal UTS 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Materi UTS Pembahasan tentang materi UTS Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang perancangan arsitektur Pembahasan tentang perancangan arsitektur Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang metode perancangan arsitektur Pembahasan tentang metode perancangan arsitektur Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang metode perancangan arsitektur Pembahasan tentang metode perancangan arsitektur Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang tugas besar DPP Pembahasan tentang Tugas Besar Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang perencanaan partisipatif Pembahasan tentang perencanaan partisipatif Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: MKB201-DASAR PERENCANAAN DAN PERANCANGAN (3 SKS), Semester: 2 Ars.19.C, Dosen : IR. HARRY MIARSONO, M.ARCH, M.CP, PH.D, Retno Fitri Astuti, S.T., M.T., Ruang: B324, Hari: Minggu, 09.30 s.d 12.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Arsitektur

Recent Submissions

  • IR. HARRY MIARSONO, M.ARCH, M.CP, PH.D; Retno Fitri Astuti, S.T., M.T. (2020-03-08)

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account

Discover

RSS Feeds