TIF2239-Program Aplikasi Desain Grafis (4 SKS) 4 TI.18.D.2 Muhammad Makmun Effendi, S.Kom., M.Kom TI.B301, Minggu, 09.30 s.d 12.00 2019/2020

DSpace Repository

TIF2239-Program Aplikasi Desain Grafis (4 SKS) 4 TI.18.D.2 Muhammad Makmun Effendi, S.Kom., M.Kom TI.B301, Minggu, 09.30 s.d 12.00 2019/2020

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas TEKNIK (FT)
Jurusan Teknik Informatika
Kode Matakuliah TIF2239
Nama Matakuliah Program Aplikasi Desain Grafis
Semester 4
SKS 4 sks
Pengampu Perkuliahan Muhammad Makmun Effendi, S.Kom., M.Kom
Peserta Perkuliahan 311710220 - YUYUN MULYANI,
311710240 - JUM'AT,
311710312 - RONI HIDAYAT,
311710454 - ABI MUBAROK,
311710585 - MUHAMMAD KURNIAWAN,
311810181 - WIDYA CHAERUNISSA,
311810182 - NUR MIZWARI,
311810205 - SANDI ISKANDAR,
311810206 - DEDI ROSADI,
311810214 - FATURACHMAN YUSUP,
311810215 - ACHMAD SYAAZILI,
311810243 - PEGI KURNIA PRINGGA,
311810254 - RIZKI RAMADHAN,
311810259 - AHMAD DHANI,
311810415 - MUHAMMAD SOFYAN,
311810435 - EVAN MEGA KUSUMA,
311810438 - BAYU NUGROHO,
311810439 - ANWAR IBRAHIM,
311810446 - PERNANDO MARTIN,
311810453 - SYAIFUL ARIFIN,
311810457 - MISYI AMBAR MEISYARAH,
311810462 - FATIHA NURMALASARI,
311810463 - LEO RENTIUS HUTAGALUNG,
311810467 - NIA ARIYANI,
311810468 - IRFAN SAEFUL ALAWI,
311810469 - TANIA,
311810473 - INDAH,
311810474 - FISABILLY RAFSANJANI AZHARI,
311810475 - TRISNA SA'ARI,
311810483 - AGUNG RIFAI,
311810507 - SAMSUL BAHRI,
311810508 - M. FADEL ARSAYID FATAH,
311810510 - ERIS SUSANTO,
311810512 - FUJI DEDE,
311810549 - AHMAD YEHIYA AYYASH MUBAAROK,
311810552 - BAHTIAR SIDIK,
311810658 - IRFAN MAULANA,
311810704 - JAHIDIN SHOLEH,
311810726 - ZAENAL RAMADHON,
311810732 - DIKI HERNAWAN,
311910125 - M IMAM YAHYA,
311910217 - IKHSANUDIN

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas mengenai teknik manipulasi dasar pada image digital, pada
grafis vektor dan raster, serta melakukan manajamen warna

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa mampu mengolah gambar dan foto secara digital (digital imaging and
drawing) serta terampil menggunakan software pengolah grafis berbasis vektor dan raster

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa Mampu menjelaskan vektor dan raster
Mampu membedaka n jenis grafis
vektor dan raster
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat membedakan dan menjelaskan serta mendeskripsikan jenis grafis komputer Belajar mengajar dan tanya jawab Menyelesaikan soal tentang grafis dan vektor Membedakan grafis vektor dan raster 4 x 50 menit Konsep dan Deskripsi Jenis Grafis komputer Buku Autodidak Photoshop,Animasi dan Film
2 Dapat menjelaskan Pengetahuan
n tentang berbagai bahan untuk cetak (kertas, plastik dan material
lainnya)
Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahsiswa dapat
menjelaskan metode
metode dalam memproduksi grafis komputer.
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyelesaikan soal tentang media, alat dan
bahan untuk mencetak grafis komputer
4 x 50 menit Metode Produksi Grafika Buku Autodidak Photoshop,Animasi dan Film
3 Mampu menjelaskan konsep tipografi dan nirmanamendikusikan .... Setelah mengikuti perkuliahan mahsiswa diharapkan dapat menjelaskan dan menerapkan prinsip dan konsep dari Tipografi dan
Nirmana
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyelesaiakan soal tentang tipografi dan nirmana 4 x 50 menit Tipografi dan Nirmana Modul Photoshop
4 Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat membedakan dan menjelaskan Penggunaan Software berbasis Vector dengan Software berbasis Pixel Pembahasan tentang
Software berbasis vector dan pixel
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati,
Dapat menjelaskan perbedaan penggunaan Software berbasis Vector dengan Software berbasis Pixel/raster/
Bitmap
4 x 50 menit Membuat Design Grafis dan pengelolaan berbasis Vector dan berbasis Pixel
5 • Dapat melakukan setting pada lembar kerja corel draw
• Dapat menjelaskan fungsi menu bar dalam
corel draw
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat Menjelaskan dan menggunakan
Software Corel Draw untuk mengolah grafis jenis vektor
Belajar mengajar dan tanya jawab • Software CorelDraw
• Basic Software Corel Draw
• Layar Kerja
• Fungsi Menu Bar
4 x 50 menit mendemonstrasi kan penggunaan tools, setting area kerja dalam corel draw
6 Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat membuat kurva terbuka, kurva tertutup, huruf dan mengelola pallet warna Pembahasan tentang
• Kurva Terbuka
• Kurva tertutup
• Text
• Pallet warna
Belajar mengajar dan tanya jawab • Terampil membuat karya dengan kurva terbuka dan tertutup
• Dapat mengolah text dalam corel draw
• Terampil mengolah pallete warna untuk dipadukan dengan kurva dan
text
4 x 50 menit Membuat objek garis dan bidang

Memberi warna pada garis dan bidang
Membuat desain logo dan kartu nama
7 Mahasiswa mampu membuat Curiculum vitae Pembahasan tentang Praktikum membuat Design curiculum vitae dengan Corel/ Photohsop Belajar mengajar dan tanya jawab Dapat Membuat Curiculum vitae secara professional 4 x 50 menit Ketepatan, keserasian dan keharmonisan design
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Setelah mengikuti
perkuliahan mahsiswa
diharapkan dapat
menjelaskan dan melakukan
tracing object cdengan tools
yang ada dalam software
pengolah grafis
Pembahasan tentang Tracing Object Belajar mengajar dan tanya jawab • Terampil menggunak an tools tracing object dan mampu melakukan tracing object dengan
coreldraw
4 x 50 menit Melakukan
tracing objek
gambar yang
sudah ada
10 Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan efek pengelolaan grafis vektor Pembahasan tentang
• Artistik media
• Blend
• Countour
• Envelop
• Extrude
• Trim
Belajar mengajar dan tanya jawab • Terampil
membuat karya grafis
dengan dilengkapi penggunaan efek-efek grafis vektor
4 x 50 menit Praktik membuat logo dan tulisan yang dilengkapi dengan efek countur,extrude dll
11 Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan software adobe photosop untuk pengolah grafis berbasis raster/ bitmap.. • Software Adobe Photosop
• Basic Software
• Layar Kerja
• Fungsi Menu Bar
• Fungsi Tools
• Layer
Belajar mengajar dan tanya jawab • Dapat melakukan setting pada lembar kerja Photosop
• Dapat menjelaskan fungsi menu bar dalam Photosop
• Terampil dalam mengolah layer
4 x 50 menit Melakukan setting pada halaman kerja adobe photosop

Menambah dan menghapus layer
12 Setelah mengikuti perkuliahan mahsiswa diharapkan terampil membuat tulisan dengan tools pada adobe photosop dilengkapi efek dan tekstur serta material yang beragam Pembahasan tentang
• Text Tools
• Blending Effect
Belajar mengajar dan tanya jawab • Dapat menggunak n text tools untuk membuat tulisan
• Terampil menggunak an blending effect untuk mengolah text dan
object.
4 x 50 menit Membuat tulisan dilengkapi dengan efek blending
13 Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengedit foto dan gambar yang sudah ada • Teknik Croping
• Teknik seleksi gambar
• Masking
Belajar mengajar dan tanya jawab • Dapat mengkombi nasikan penggunaan tools untuk seleksi objek, pemotongan foto dan memberikan efect dalam foto serta masking
gambar
4 x 50 menit Praktik memotong gambar, foto dengan tools yang disediakan adobe photosop
14 Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengkombinasikan penggunaan software pengolah grafis berbasis vektor dengan software pengolah grafis berbasis raster Pembahasan tentang
•Export File
•Import File
•Flatten Image
Pada Corel
Belajar mengajar dan tanya jawab Dapat membuat karya grafis yang mengkombi nasikan penggunaan corel draw dan adobe
Corel
4 x 50 menit Dapat Meng eksport dan import file di Corel
15 Mahasiswa mampu menjelaskan design grafis yang dibuatnya dengan teknik yang telah dipellajari Review Materi Kuliah sebelumnya dari ba 1 sd bab 14 serta kisi kisi untuk UAS Belajar mengajar dan tanya jawab Mendiskusikan, dan Menjawab pertanyaan yang diberikan 4 x 50 menit Ketepatan menjelaskan dan Ketepatan menyebutkan teknik design grafis yang digunakan
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan

  1. Paket Lengkap Otodidak Desain Grafis, Animasi & Editing Movie - - Mitra Wacana Media-2020






News

Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF2239-Program Aplikasi Desain Grafis (4 SKS), Semester: 4 TI.18.D.2, Dosen : Muhammad Makmun Effendi, S.Kom., M.Kom, Ruang: TI.B301, Hari: Minggu, 09.30 s.d 12.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika

Recent Submissions

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account

Discover

RSS Feeds