Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Teknik Informatika |
Kode Matakuliah | TIF2239 |
Nama Matakuliah | Program Aplikasi Desain Grafis |
Semester | 4 |
SKS | 4 sks |
Pengampu Perkuliahan | Muhammad Makmun Effendi, S.Kom., M.Kom |
Peserta Perkuliahan | 311710220 - YUYUN MULYANI, 311710240 - JUM'AT, 311710312 - RONI HIDAYAT, 311710454 - ABI MUBAROK, 311710585 - MUHAMMAD KURNIAWAN, 311810181 - WIDYA CHAERUNISSA, 311810182 - NUR MIZWARI, 311810205 - SANDI ISKANDAR, 311810206 - DEDI ROSADI, 311810214 - FATURACHMAN YUSUP, 311810215 - ACHMAD SYAAZILI, 311810243 - PEGI KURNIA PRINGGA, 311810254 - RIZKI RAMADHAN, 311810259 - AHMAD DHANI, 311810415 - MUHAMMAD SOFYAN, 311810435 - EVAN MEGA KUSUMA, 311810438 - BAYU NUGROHO, 311810439 - ANWAR IBRAHIM, 311810446 - PERNANDO MARTIN, 311810453 - SYAIFUL ARIFIN, 311810457 - MISYI AMBAR MEISYARAH, 311810462 - FATIHA NURMALASARI, 311810463 - LEO RENTIUS HUTAGALUNG, 311810467 - NIA ARIYANI, 311810468 - IRFAN SAEFUL ALAWI, 311810469 - TANIA, 311810473 - INDAH, 311810474 - FISABILLY RAFSANJANI AZHARI, 311810475 - TRISNA SA'ARI, 311810483 - AGUNG RIFAI, 311810507 - SAMSUL BAHRI, 311810508 - M. FADEL ARSAYID FATAH, 311810510 - ERIS SUSANTO, 311810512 - FUJI DEDE, 311810549 - AHMAD YEHIYA AYYASH MUBAAROK, 311810552 - BAHTIAR SIDIK, 311810658 - IRFAN MAULANA, 311810704 - JAHIDIN SHOLEH, 311810726 - ZAENAL RAMADHON, 311810732 - DIKI HERNAWAN, 311910125 - M IMAM YAHYA, 311910217 - IKHSANUDIN |
Mata kuliah ini membahas mengenai teknik manipulasi dasar pada image digital, pada
grafis vektor dan raster, serta melakukan manajamen warna
Mahasiswa mampu mengolah gambar dan foto secara digital (digital imaging and
drawing) serta terampil menggunakan software pengolah grafis berbasis vektor dan raster
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa Mampu menjelaskan vektor dan raster Mampu membedaka n jenis grafis vektor dan raster |
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat membedakan dan menjelaskan serta mendeskripsikan jenis grafis komputer | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyelesaikan soal tentang grafis dan vektor Membedakan grafis vektor dan raster | 4 x 50 menit | Konsep dan Deskripsi Jenis Grafis komputer | Buku Autodidak Photoshop,Animasi dan Film |
2 | Dapat menjelaskan Pengetahuan n tentang berbagai bahan untuk cetak (kertas, plastik dan material lainnya) |
Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahsiswa dapat menjelaskan metode metode dalam memproduksi grafis komputer. |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyelesaikan soal tentang media, alat dan bahan untuk mencetak grafis komputer |
4 x 50 menit | Metode Produksi Grafika | Buku Autodidak Photoshop,Animasi dan Film |
3 | Mampu menjelaskan konsep tipografi dan nirmanamendikusikan .... | Setelah mengikuti perkuliahan mahsiswa diharapkan dapat menjelaskan dan menerapkan prinsip dan konsep dari Tipografi dan Nirmana |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyelesaiakan soal tentang tipografi dan nirmana | 4 x 50 menit | Tipografi dan Nirmana | Modul Photoshop |
4 | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat membedakan dan menjelaskan Penggunaan Software berbasis Vector dengan Software berbasis Pixel | Pembahasan tentang Software berbasis vector dan pixel |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Dapat menjelaskan perbedaan penggunaan Software berbasis Vector dengan Software berbasis Pixel/raster/ Bitmap |
4 x 50 menit | Membuat Design Grafis dan pengelolaan berbasis Vector dan berbasis Pixel | |
5 | • Dapat melakukan setting pada lembar kerja corel draw • Dapat menjelaskan fungsi menu bar dalam corel draw |
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat Menjelaskan dan menggunakan Software Corel Draw untuk mengolah grafis jenis vektor |
Belajar mengajar dan tanya jawab | • Software CorelDraw • Basic Software Corel Draw • Layar Kerja • Fungsi Menu Bar |
4 x 50 menit | mendemonstrasi kan penggunaan tools, setting area kerja dalam corel draw | |
6 | Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat membuat kurva terbuka, kurva tertutup, huruf dan mengelola pallet warna | Pembahasan tentang • Kurva Terbuka • Kurva tertutup • Text • Pallet warna |
Belajar mengajar dan tanya jawab | • Terampil membuat karya dengan kurva terbuka dan tertutup • Dapat mengolah text dalam corel draw • Terampil mengolah pallete warna untuk dipadukan dengan kurva dan text |
4 x 50 menit | Membuat objek garis dan bidang Memberi warna pada garis dan bidang Membuat desain logo dan kartu nama |
|
7 | Mahasiswa mampu membuat Curiculum vitae | Pembahasan tentang Praktikum membuat Design curiculum vitae dengan Corel/ Photohsop | Belajar mengajar dan tanya jawab | Dapat Membuat Curiculum vitae secara professional | 4 x 50 menit | Ketepatan, keserasian dan keharmonisan design | |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Setelah mengikuti perkuliahan mahsiswa diharapkan dapat menjelaskan dan melakukan tracing object cdengan tools yang ada dalam software pengolah grafis |
Pembahasan tentang Tracing Object | Belajar mengajar dan tanya jawab | • Terampil menggunak an tools tracing object dan mampu melakukan tracing object dengan coreldraw |
4 x 50 menit | Melakukan tracing objek gambar yang sudah ada |
|
10 | Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan efek pengelolaan grafis vektor | Pembahasan tentang • Artistik media • Blend • Countour • Envelop • Extrude • Trim |
Belajar mengajar dan tanya jawab | • Terampil membuat karya grafis dengan dilengkapi penggunaan efek-efek grafis vektor |
4 x 50 menit | Praktik membuat logo dan tulisan yang dilengkapi dengan efek countur,extrude dll | |
11 | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan software adobe photosop untuk pengolah grafis berbasis raster/ bitmap.. | • Software Adobe Photosop • Basic Software • Layar Kerja • Fungsi Menu Bar • Fungsi Tools • Layer |
Belajar mengajar dan tanya jawab | • Dapat melakukan setting pada lembar kerja Photosop • Dapat menjelaskan fungsi menu bar dalam Photosop • Terampil dalam mengolah layer |
4 x 50 menit | Melakukan setting pada halaman kerja adobe photosop Menambah dan menghapus layer |
|
12 | Setelah mengikuti perkuliahan mahsiswa diharapkan terampil membuat tulisan dengan tools pada adobe photosop dilengkapi efek dan tekstur serta material yang beragam | Pembahasan tentang • Text Tools • Blending Effect |
Belajar mengajar dan tanya jawab | • Dapat menggunak n text tools untuk membuat tulisan • Terampil menggunak an blending effect untuk mengolah text dan object. |
4 x 50 menit | Membuat tulisan dilengkapi dengan efek blending | |
13 | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengedit foto dan gambar yang sudah ada | • Teknik Croping • Teknik seleksi gambar • Masking |
Belajar mengajar dan tanya jawab | • Dapat mengkombi nasikan penggunaan tools untuk seleksi objek, pemotongan foto dan memberikan efect dalam foto serta masking gambar |
4 x 50 menit | Praktik memotong gambar, foto dengan tools yang disediakan adobe photosop | |
14 | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengkombinasikan penggunaan software pengolah grafis berbasis vektor dengan software pengolah grafis berbasis raster | Pembahasan tentang •Export File •Import File •Flatten Image Pada Corel |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Dapat membuat karya grafis yang mengkombi nasikan penggunaan corel draw dan adobe Corel |
4 x 50 menit | Dapat Meng eksport dan import file di Corel | |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan design grafis yang dibuatnya dengan teknik yang telah dipellajari | Review Materi Kuliah sebelumnya dari ba 1 sd bab 14 serta kisi kisi untuk UAS | Belajar mengajar dan tanya jawab | Mendiskusikan, dan Menjawab pertanyaan yang diberikan | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan dan Ketepatan menyebutkan teknik design grafis yang digunakan | |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF2239-Program Aplikasi Desain Grafis (4 SKS), Semester: 4 TI.18.D.2, Dosen : Muhammad Makmun Effendi, S.Kom., M.Kom, Ruang: TI.B301, Hari: Minggu, 09.30 s.d 12.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa