Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Teknik Informatika |
Kode Matakuliah | TIPB19010 |
Nama Matakuliah | Arsitektur dan Organisasi Komputer |
Semester | 2 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | Yoga Religia, S.Kom., M.Kom |
Peserta Perkuliahan | 311910047 - DIMAS ABDUL ROSYID, 311910119 - ERVIN CHOIRUL ANWAR, 311910133 - NANDITO FAIZ SYAEFULOH, 311910137 - VINA SELVIANA, 311910140 - M. WAHID ARDIANSYAH, 311910143 - EDI JUNIANTO, 311910144 - ABDUL AZIS, 311910145 - NURJA SAPUTRA, 311910147 - NADYA FADHILAH, 311910149 - RAVIKA HADI KUSUMA PUTRI, 311910150 - ANDRE ARDIANSYAH, 311910151 - SITI HALIMAH, 311910152 - ALIS LESI NOVITA, 311910153 - IQBAL RIZQY RAMADHAN, 311910162 - FARID WAJDILLAH, 311910168 - INTA, 311910172 - SYAIFULLAH ATTHORIQ, 311910178 - SERTA MANULLANG, 311910179 - NENI NUR AFIYAH, 311910180 - DESI AMALIA, 311910181 - TRI USWATUN KHASANAH, 311910186 - AHMAD RIZQI GUSTIANSYAH, 311910188 - FACHRI ADRIAN PUTRA, 311910189 - AMANDA PRATIWI, 311910192 - MIRA CANTIKA SARI, 311910198 - RACHMAWATI OJA, 311910200 - WAHYU HIDAYAT, 311910207 - NANA SATRIA PUTRA, 311910209 - SUMANTRI, 311910211 - ROLESTA SIMBOLON, 311910219 - SURYANA, 311910224 - DEWI SEKAR ARUM, 311910228 - UM MASITOH, 311910230 - IRMA NURMAULIDA, 311910231 - MELI JULIANA, 311910239 - IWAN ARDIANTO, 311910584 - SULTAN RAFIF PANGURISAN, 311910770 - MUHAMAD ADHI MUKTI, 311910780 - MOHAMMAD SAIFAN ROMADHON |
Pada matakuliah ini akan dipelajari tentang Perkembangan Teknologi Komputer, Representasi Data, Gerbang Logika dan Rangkaian, Aljabar Boolean, Rangkaian Kombinasional, Rangkaian Sekuensial : Flip-flop, akomponen Level Register, Unit Aritmatika dan Logika, Prosessor SAP-1 Prosesor SAP-2, Prosesor SAP-3.
Mahasiswa memahami dan mampu memanfaatkan Representasi Data, Gerbang Logika dan Rangkaian, Aljabar Boolean, Rangkaian Kombinasional, Rangkaian Sekuensial : Flip-flop, akomponen Level Register, Unit Aritmatika dan Logika, Prosessor SAP-1 Prosesor SAP-2, Prosesor SAP-3.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Representasi Data 1 | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pelajari materi yang terdapat di materi pembelajaran dan berikan masukan dikolom diskusi |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Representasi Data 2 | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Silahkan dipelajari dan tugasnya dikerjakan |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Gerbang Logika dan Rangkaian | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Silahkan dipelajari dan tugasnya dikerjakan |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Aljabar Boolean | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Silahkan dipelajari dan tugasnya dikerjakan |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Rankaian Kombinasional | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Silahkan dipelajari dan tugasnya dikerjakan |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Minggu Tenang | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Manfaatkan untuk memperdalam pemahaman materi |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UTS Arsitektur dan Organisasi Komputer | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Silahkan scan jawaban anda dalam bentuk *.jpg untuk diupload dikolom Upload Jawaban |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Rangkaian Sekuensial Flip Flop | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Silahkan dipelajari dan tugasnya dikerjakan |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Komponen Level Register | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Silahkan dipelajari dan tugasnya dikerjakan |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Unit Aritmatika dan Logika | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Silahkan dipelajari dan tugasnya dikerjakan |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Processor SAP 1 | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Silahkan dipelajari dan tugasnya dikerjakan |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Processor SAP 2 | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Silahkan dipelajari dan tugasnya dikerjakan |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Processor SAP-3 | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Silahkan dipelajari dan tugasnya dikerjakan |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Kisi-kisi UAS | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Silahkan dipelajari dan tugasnya dikerjakan |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UAS | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Selamat mengerjakan |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIPB19010-Arsitektur dan Organisasi Komputer (3 SKS), Semester: 2 TI.19.D.3, Dosen : Yoga Religia, S.Kom., M.Kom, Ruang: 304, Hari: Minggu, 09.30 s.d 12.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa