Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Arsitektur |
Kode Matakuliah | MKB202 |
Nama Matakuliah | SEJARAH PERKEMBANGAN ARSITEKTUR NUSANTARA |
Semester | 2 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | Akhmad Akromusyuhada, S.T., M.Pd.I. |
Peserta Perkuliahan | 321910001 - ALFIANSYAH ANNUR MULYAWAN, 321910009 - NUGIE ANGGIA, 321910012 - ARINANDA HADI RAMADHAN, 321910019 - BAIK DISCO SIMAMORA, 321910020 - BAGUS ERLANGGA, 321910021 - ELZA DWI MURTI, 321910022 - EKA IRAWATI, 321910036 - IMAN NUDIN, 321910037 - M.RISQI BAHARUDIN, 321910039 - ALWI AZWAR, 321910040 - ICHWAN NAIF MUSTAHLAFIN, 321910041 - MUHAMMAD IQBAL, 321910042 - DEVI ASYIFA HIDAYAT, 321910043 - IQBAL MAULANA ARWANSYAH, 321910044 - ALMA FIRISKI GRISTANLIA, 321910045 - JAMAS SIAGA ANGGODO, 321910050 - RIZKY SAPUTRA, 321910059 - FIKRI AZHARI HERMAWAN, 321910063 - MOHAMMAD ROFIQIN, 321910065 - RAMADHANILHAQ MUBAROK, 321910067 - CHAIRUL ANWAR, 321910071 - RIDWAN IRSYAD, 321910072 - IRGI SATRIA SUNARYA, 321910074 - ACHMAD RUSLI RHOMADHON, 321910083 - RIZAL KHUSAENI, 321910085 - RAHMAT NURFAUZI, 321910086 - HERI SEPTIAWAN, 321910092 - ARUN SAPUTRO, 321910093 - WAHYU SANG WIDHIAMI, 321910094 - GALIH FIRMANSYAH WIHARJA, 321910095 - RIDO SANTOSO, 321910098 - BAGUS HARI PRABOWO, 321910099 - JOKO TEGUH PRIANTO, 321910101 - RIADI RAHARJO, 321910103 - AGUNG FEBRIANTO SGH, 321910105 - JERI FRANSISCUS SARAGIH, 321920107 - DIAN AGUS SUPRIYATMAN, 321920115 - AHMAD FAJAR ANDREANSYAH |
Mata kuliah ini akan membahas perbedaan mendasar paradigma Arsitektur Nusantara khususnya arsitektur kedaerahan dengan Arsitektur Arsitektur lainnya, sehingga dapat memberikan pengayaan pengetahuan arsitektur kepada mahasiswa dalam proses berarsitektur
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat memahami dan menguraikan perkembangan umum arsitektur dan kebudayaan sebagai dasar pembentukan arsitektur tersebut. Kemudian mahasiswa diharapkan mendapatkan pengetahuan tentang system kekerabatan dan kepercayaan masyarakat pada arsitektur tradisional nusantara dan dapat menjelaskan pola-pola kampong tradisional secara konseptual beserta konsep ruang dalam arsitektur nusantara, mamahami nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung di dalamnya.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
3 | Manusia memahami hubungan dalam konteks arsitektur tradisional | Pemahaman tentang hubungan konteks arsitektur tradisional, hubungan antar manusia, lingkungan dan budaya | Presentasi, diskusi | Menyimak, Mengamati, Hubungan antara manusia, lingkungan dan budaya dalam konteks arsitektur tradisional | 3 x 50 menit | Proses Hasil Pengamatan | |
4 | Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa memahami definisi kosmologi dan contohnya | Memahami definisi kosmologi dan contohnya | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MKB202-SEJARAH PERKEMBANGAN ARSITEKTUR NUSANTARA (3 SKS), Semester: 2 Ars.19.C, Dosen : Akhmad Akromusyuhada, S.T., M.Pd.I., Ruang: B324, Hari: Minggu, 07.00 s.d 09.30, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Arsitektur
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa