MKB202-SEJARAH PERKEMBANGAN ARSITEKTUR NUSANTARA (3 SKS) 2 Ars.19.C Akhmad Akromusyuhada, S.T., M.Pd.I. B324, Minggu, 07.00 s.d 09.30 2019/2020

DSpace Repository

MKB202-SEJARAH PERKEMBANGAN ARSITEKTUR NUSANTARA (3 SKS) 2 Ars.19.C Akhmad Akromusyuhada, S.T., M.Pd.I. B324, Minggu, 07.00 s.d 09.30 2019/2020

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas TEKNIK (FT)
Jurusan Arsitektur
Kode Matakuliah MKB202
Nama Matakuliah SEJARAH PERKEMBANGAN ARSITEKTUR NUSANTARA
Semester 2
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Akhmad Akromusyuhada, S.T., M.Pd.I.
Peserta Perkuliahan 321910001 - ALFIANSYAH ANNUR MULYAWAN,
321910009 - NUGIE ANGGIA,
321910012 - ARINANDA HADI RAMADHAN,
321910019 - BAIK DISCO SIMAMORA,
321910020 - BAGUS ERLANGGA,
321910021 - ELZA DWI MURTI,
321910022 - EKA IRAWATI,
321910036 - IMAN NUDIN,
321910037 - M.RISQI BAHARUDIN,
321910039 - ALWI AZWAR,
321910040 - ICHWAN NAIF MUSTAHLAFIN,
321910041 - MUHAMMAD IQBAL,
321910042 - DEVI ASYIFA HIDAYAT,
321910043 - IQBAL MAULANA ARWANSYAH,
321910044 - ALMA FIRISKI GRISTANLIA,
321910045 - JAMAS SIAGA ANGGODO,
321910050 - RIZKY SAPUTRA,
321910059 - FIKRI AZHARI HERMAWAN,
321910063 - MOHAMMAD ROFIQIN,
321910065 - RAMADHANILHAQ MUBAROK,
321910067 - CHAIRUL ANWAR,
321910071 - RIDWAN IRSYAD,
321910072 - IRGI SATRIA SUNARYA,
321910074 - ACHMAD RUSLI RHOMADHON,
321910083 - RIZAL KHUSAENI,
321910085 - RAHMAT NURFAUZI,
321910086 - HERI SEPTIAWAN,
321910092 - ARUN SAPUTRO,
321910093 - WAHYU SANG WIDHIAMI,
321910094 - GALIH FIRMANSYAH WIHARJA,
321910095 - RIDO SANTOSO,
321910098 - BAGUS HARI PRABOWO,
321910099 - JOKO TEGUH PRIANTO,
321910101 - RIADI RAHARJO,
321910103 - AGUNG FEBRIANTO SGH,
321910105 - JERI FRANSISCUS SARAGIH,
321920107 - DIAN AGUS SUPRIYATMAN,
321920115 - AHMAD FAJAR ANDREANSYAH

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini akan membahas perbedaan mendasar paradigma Arsitektur Nusantara khususnya arsitektur kedaerahan dengan Arsitektur Arsitektur lainnya, sehingga dapat memberikan pengayaan pengetahuan arsitektur kepada mahasiswa dalam proses berarsitektur

3. Capaian / Kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat memahami dan menguraikan perkembangan umum arsitektur dan kebudayaan sebagai dasar pembentukan arsitektur tersebut. Kemudian mahasiswa diharapkan mendapatkan pengetahuan tentang system kekerabatan dan kepercayaan masyarakat pada arsitektur tradisional nusantara dan dapat menjelaskan pola-pola kampong tradisional secara konseptual beserta konsep ruang dalam arsitektur nusantara, mamahami nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung di dalamnya.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Manusia memahami hubungan dalam konteks arsitektur tradisional Pemahaman tentang hubungan konteks arsitektur tradisional, hubungan antar manusia, lingkungan dan budaya Presentasi, diskusi Menyimak, Mengamati, Hubungan antara manusia, lingkungan dan budaya dalam konteks arsitektur tradisional 3 x 50 menit Proses Hasil Pengamatan
4 Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa memahami definisi kosmologi dan contohnya Memahami definisi kosmologi dan contohnya Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: MKB202-SEJARAH PERKEMBANGAN ARSITEKTUR NUSANTARA (3 SKS), Semester: 2 Ars.19.C, Dosen : Akhmad Akromusyuhada, S.T., M.Pd.I., Ruang: B324, Hari: Minggu, 07.00 s.d 09.30, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Arsitektur

Recent Submissions

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account

Discover

RSS Feeds