Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Teknik Informatika |
Kode Matakuliah | TIF2239 |
Nama Matakuliah | Program Aplikasi Desain Grafis |
Semester | 4 |
SKS | 4 sks |
Pengampu Perkuliahan | Muhammad Makmun Effendi, S.Kom., M.Kom |
Peserta Perkuliahan | 311410946 - NURHIDAYAT, 311710735 - WENDY WINARSO, 311810093 - IKHTIAR GUSTY SAPUTRA, 311810100 - ABDULAH HANAFI, 311810130 - FEBRI SURATMAN, 311810138 - IBNU UBAIDILLAH, 311810276 - YOGI ISKANDAR, 311810311 - MOHAMMAD AHID KHOIRONI, 311810503 - YOGA FEBRI PRATAMA, 311810653 - MUHAMMAD SHOFWAN KHAIDAR, 311810671 - ARIF AULIYA RAMDAN, 311810752 - IYAN FAUZI NUGRAHA, 311810758 - YULI AGUS APRIYANTO, 311810771 - MARPUDDIN, 311810794 - ROFI MUHIBBULLOH, 311810823 - ANWAR RAZID, 311810828 - PATHAN RIFANDI, 311810829 - RISMA NADIA OKTAVIANTI, 311810867 - SALAM MUHRONI, 311810883 - YOHANES FERNANDO ANOM PRABOWO, 311810902 - RIZKI ANDIKA BRILIANO, 311810903 - ZAIN AL FARUQ, 311810921 - MUHAMMAD RIZKY DARMAWAN, 311810942 - SHINTA MELLIANA RAHMAWATI |
Mata kuliah ini membahas mengenai teknik manipulasi dasar pada image digital, pada
grafis vektor dan raster, serta melakukan manajamen warna
Mahasiswa mampu mengolah gambar dan foto secara digital (digital imaging and
drawing) serta terampil menggunakan software pengolah grafis berbasis vektor dan raster
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mampu menjelaskan vektor dan raster • Mampu membedaka n jenis grafis vektor dan raster |
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat membedakan dan menjelaskan serta mendeskripsikan jenis grafis komputer | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyelesaikan soal tentang grafis dan vektor Membedakan grafis vektor dan raster | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan dan menyebutkan. hal yang terkait dengan Desih Grafis | Paket Lengkap otodidiak Design Grafis, Animasi dan editing Video |
2 | Mahasiswa Dapat menjelaskan Pengetahuan tentang berbagai bahan untuk cetak (kertas, plastik dan material lainnya) |
Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahsiswa dapat menjelaskan metode – metode dalam memproduksi grafis komputer |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyelesaikan soal tentang media, alat dan bahan untuk mencetak grafis komputer |
4 x 50 menit | Ketepatan membuat design Photosop edit Foto menggunakan Jas dan Foto sembarang, seingga hasilnya meuaskan user | Paket Lengkap otodidiak Design Grafis, Animasi dan editing Video |
3 | Mampu menjelaskan konsep tipografi dan nirmana | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan menerapkan prinsip dan konsep dari Tipografi dan Nirmana |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Tipografi dan Nirmana | 4 x 50 menit | Membuat Tipografi dan Nirmana | Modul Photoshop |
4 | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat membedakan dan menjelaskan Penggunaan Software berbasis Vector dengan Software berbasis Pixel. | Pembahasan tentang Software berbasis vector dan pixel |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Dapat menjelaskan perbedaan penggunaan Software berbasis Vector dengan Software berbasis Pixel/raster/ bitmap |
4 x 50 menit | Membuat Design Grafis dan pengelolaan berbasis Vector dan berbasis Pixel | Modul Photoshop |
5 | Dapat melakukan setting pada lembar kerja corel draw Dapat menjelaskan fungsi menu bar dalam corel draw |
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat Menjelaskan dan menggunakan Software Corel Draw untuk mengolah grafis jenis vektor |
Belajar mengajar dan tanya jawab | • Software CorelDraw • Basic Software Corel Draw • Layar Kerja • Fungsi Menu Bar |
4 x 50 menit | mendemonstrasi kan penggunaan tools, setting area kerja dalam corel draw | Modul Core |
6 | Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat membuat kurva terbuka, kurva tertutup, huruf dan mengelola pallet warna | Pembahasan tentang Kurva Terbuka • Kurva tertutup • Text • Pallet warna |
Belajar mengajar dan tanya jawab | • Terampil membuat karya dengan kurva terbuka dan tertutup • Dapat mengolah text dalam corel draw • Terampil mengolah pallete warna untuk dipadukan dengan kurva dan text |
4 x 50 menit | Membuat objek garis dan bidang Memberi warna pada garis dan bidang Membuat desain logo dan kartu nama |
|
7 | Mahasiswa mampu membuat Curiculum vitae | Pembahasan tentang Praktikum membuat Design curiculum vitae dengan Corel/ Photohsop | Belajar mengajar dan tanya jawab | Dapat Membuat Curiculum vitae secara profesional | 4 x 50 menit | Ketepatan, keserasian dan keharmonisan design | |
8 | Mahasiswa mampu menyelesaikan UTS | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menjawab soal | |
9 | Setelah mengikuti perkuliahan mahsiswa diharapkan dapat menjelaskan dan melakukan tracing object cdengan tools yang ada dalam software pengolah grafis |
Pembahasan tentang Tracing object | Belajar mengajar dan tanya jawab | • Terampil menggunak an tools tracing object dan mampu melakukan tracing object dengan coreldraw |
4 x 50 menit | Melakukan tracing objek gambar yang sudah ada |
|
10 | Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan efek pengelolaan grafis vektor | Pembahasan tentang • Artistik media • Blend • Countour • Envelop • Extrude • Trim |
Belajar mengajar dan tanya jawab | • Terampil membuat karya grafis dengan dilengkapi penggunaan efek-efek grafis vektor |
4 x 50 menit | Praktik membuat logo dan tulisan yang dilengkapi dengan efek countur,extrude dll | |
11 | Mahasiswa mampu mSetelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan software adobe photosop untuk pengolah grafis berbasis raster/ bitmapenjelaskan dan mendikusikan .... | • Software Adobe Photosop • Basic Software • Layar Kerja • Fungsi Menu Bar • Fungsi Tools • Layer |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal• Dapat melakukan setting pada lembar kerja Photosop • Dapat menjelaskan fungsi menu bar dalam Photosop • Terampil dalam mengolah layer |
4 x 50 menit | Melakukan setting pada halaman kerja adobe photosop Menambah dan menghapus layer |
|
12 | Setelah mengikuti perkuliahan mahsiswa diharapkan terampil membuat tulisan dengan tools pada adobe photosop dilengkapi efek dan tekstur serta material yang beragam | Pembahasan tentang • Text Tools • Blending Effect |
Belajar mengajar dan tanya jawab | • Dapat menggunak n text tools untuk membuat tulisan • Terampil menggunak an blending effect untuk mengolah text dan object. |
4 x 50 menit | Membuat tulisan dilengkapi dengan efek blending | |
13 | • Dapat mengkombi nasikan penggunaan tools untuk seleksi objek, pemotongan foto dan memberikan efect dalam foto serta masking gambar |
• Teknik Croping • Teknik seleksi gambar • Masking |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengedit foto dan gambar yang sudah ada | 4 x 50 menit | Praktik memotong gambar, foto dengan tools yang disediakan adobe photosop | |
14 | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengkombinasikan penggunaan software pengolah grafis berbasis vektor dengan software pengolah grafis berbasis raster | Pembahasan tentang • Export File • Import File • Flatten Image Pada Corel |
Belajar mengajar dan tanya jawab | • Dapat membuat karya grafis yang mengkombi nasikan penggunaan corel draw dan adobe Corel |
4 x 50 menit | Dapat Meng eksport dan import file di Corel | |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan design grafis yang dibuatnya dengan teknik yang telah dipellajari | Review Materi Kuliah sebelumnya dari bab 1 sd bab 14 serta kisi kisi untuk UAS | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab pertanyaan yang diberikan | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan dan Ketepatan menyebutkan.teknik design yang digunakan | |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF2239-Program Aplikasi Desain Grafis (4 SKS), Semester: 4 TI.18.F.1, Dosen : Muhammad Makmun Effendi, S.Kom., M.Kom, Ruang: 307, Hari: Sabtu, 13.00 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa