Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Teknik Informatika |
Kode Matakuliah | TIPB19011 |
Nama Matakuliah | Fisika II |
Semester | 2 |
SKS | 4 sks |
Pengampu Perkuliahan | Ari Yuneldi, S.Pd, M.Si |
Peserta Perkuliahan | 311610734 - IRFAN PRIMANTANA, 311910490 - DANIEL TAMBUN, 311910493 - ZANEVIANTI SUGIRLAWATI, 311910500 - RIWAN IRO SUCIPTO MANURUNG, 311910502 - INDAH KURNIAWATI, 311910524 - STEVEN RYAN DARMAWAN, 311910527 - TAOFIK SAFRUDIN, 311910528 - ANASTASIA BR GINTING, 311910538 - ADIAN MA'RUF WIBOWO PUTRA, 311910545 - VIRANI INDAH SARI, 311910550 - AWAL HADI WIJAYA, 311910551 - ALLIYAH DZAKIROH, 311910557 - LINDA WAHYU SETYONINGSIH, 311910567 - I PUTU SUWARJAYA ATMAJA, 311910577 - MARIFATUL ULFAH, 311910589 - SUNARI, 311910593 - DEWAN BATARA SUBARJAH, 311910594 - M IQBAL MAULANA, 311910598 - HOLWATI, 311910611 - DHEA TARA MONIKA, 311910618 - MUHAMAD HERZA FIKRY, 311910624 - SELVI YUANIVA, 311910625 - SAIFUL TAZALI, 311910638 - AKHMAD AJI SULISTYO, 311910639 - RAFLI MAULANA AZIZ, 311910647 - FAHRI PRADINATIA, 311910656 - RIVALDI HAMZAH, 311910661 - THIO PONIMAN, 311910663 - ANZELA HASAN THALIA PUTRI, 311910675 - RULLI AJI GUNAWAN, 311910687 - POPPY HARANDTIKA, 311910691 - ANDHIKA EKA PUTRA, 311910696 - SYUKUR YAKUB, 311910708 - SITI HADIJAH JAMILI, 311910729 - HALIM BUDI PRAWIRA, 311910730 - LUTHFI EKA NAUFAL |
Kegiatan pembelajaran online dilakukan dengan langkah sebagai berikut
1. Dosen memberikan atau meng upload materi perkuliahan berupa ppt, word dan sebagainya
2. Mahasiswa mendownload dan membuka materi yang telah di upload dosen
3. Mahasiswa memahami materi yang telah diberikan oleh dosen
4. Mahasiswa mengerjakan medan eksplorasi dan latihan yang telah ditulis dosen di dalam materi atau sumber belajar
5. Mahasiswa dapat meng upload jawaban dari tugas dan latihan yang diberikan
6. Jika ada pertanyaan maka mahasiswa diperkenankan bertanya maksimal 1 mahasiswa 1 pertanyaan
Adanya perkuliahan online ini diharapkan mahasiswa dapat
1. Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung
2. Terlibat aktif dalam kegiatan diskusi dan eksplorasi berdasarkan materi yang telah
3. Memahami materi yang telah diberikan guna memberikan pemahaman mahasiswa agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
4. Mengerjakan semua latihan soal dan medan eksplorasi yang telah ditulis dalam sumber belajar.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Topik Terkait Listrik Statis Lanjutan dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari Terutama Sesuai Bidang atau Jurusan | Pembahasan tentang Listrik Statis Lanjutan dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | PPT |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Listrik Dinamis, Aplikasi Listrik Dinamis, Kuat Arus, Tegangan dan Hambatan Arus Listrik. Prinsip dan Cara Kerja Amperemeter dan Volmeter. | Pembahasan tentang Listrik Dinamis dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari | Diskusi dan Eksplorasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | PPT |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Hukum Kirchoff 1 dan 2 Serta Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan aplikasi rangkaian resistor seri dan paralel pada berbagai keadaan | Pembahasan tentang Listrik Dinamis Lanjutan dan Aplikasinya dalam Kehidupan | Eksplorasi dan Mandiri | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | PPT |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Medan Magnet dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | PPT |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Soal-soal Terkait Persiapan Ujian Tengah Semester (UTS) | Pembahasan tentang Persiapan Latihan Soal Ujian Tengah Semester (UTS) | Diskusi dan Latihan Soal | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | PDF WORD |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Soal-soalPersiapan Ujian Tengah Semester (UTS) | Pembahasan tentang Persiapan Ujian Tengah Semester (UTS) | Latihan Soal | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | PDF WORD |
7 | Mahasiswa Mengerjakan Semua Soal UTS | UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Listrik dan Magnet |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Materi dan Bahan Ajar Seputar Induksi Elektromagnetik dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari | Pembahasan tentang Induksi Elektromagnetik dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari | Diskusi dan Latihan Soal | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Induksi Elektromagnet |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Jenis Rangkaian Arus Listrik Bolak Balik Secara Seri dan Paralel. Mahasiswa Mampu Menyelesaikan Masalah Terkait Rangkaian Arus Listrik Bolak Balik dalam Kehidupan Sehari-hari. | Pembahasan tentang Rangakaian Arus Listrik Bolak Balik | Eksplorasi dan Latihan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Rangkaian ArusListrik Bolak Balik (PPT dan PDF) |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Konsep Gelombang Elektromagnetik, Jenis dan Manfaat Gelombang Elektromagnetik dan Aplikasinya dalam Bidang yang Ditekuni Saat ini. | Pembahasan tentang Gelombang Elektromagnetik dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari | Diskusi dan Aplikasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Gelombang Elektromagnetik Jenis dan Manfaat GEM Aplikasi GEM |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Konsep Relativitas Einstein yang Meliputi Relativitas Kecepatan, Relativitas Panjang, Relativitas Massa, Relativitas Waktu dan Relativitas Energi dan Momentum Serta Aplikasinya dalam Berbagai Bidang Kehidupan. | Pembahasan tentang Relativitas Einstein | Diskusi dan Eksplorasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Konsep Relativitas Einstein yang Meliputi Relativitas Kecepatan, Relativitas Panjang, Relativitas Massa, Relativitas Waktu dan Relativitas Energi dan Momentum Serta Aplikasinya dalam Berbagai Bidang Kehidupan. | Pembahasan tentang Relativitas Einstein | Eksplorasi dan Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Relativitas Khusus |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Teori dan Model Atom dari Zaman ke Zaman dan Perkembangannya Hingga Saat ini. Mahasiswa Mampu Mengaplikasikan Ilmu-ilmu Terkait dalam Kehidupan Sehari-hari. | Pembahasan tentang Teori dan Model Atom | Diskusi dan Eksplorasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Teori dan Model Atom |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Fenomena terkait radiasi benda hitam, efek fotolistrik, efek Compton, Sinar x dan hipotesis de Broglie dalam berbagai fenomena fisika kuantum. Menelusuri teori kuantum dan perkembangannya hingga saat ini. | Pembahasan tentang Dualisme Gelombang Partikel | Diskusi dan Latihan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Dualisme Gelombang Partikel |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Latihan Soal Soal Pada Kisi Kisi yang Telah Diberikan. Mahasiswa Mampu Mengerjakan dan Menyelesaikan Semua Soal Yang Diperintahkan. | UAS | UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Semua Materi Setelah Ujian Tengah Semester |
16 | Mahasiswa Mengerjakan Soal UAS Yang Telah Diberikan | UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 4 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Materi Setelah Ujian Tengah Semester (UTS). |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIPB19011-Fisika II (4 SKS), Semester: 2 TI.19.C.2, Dosen : Ari Yuneldi, S.Pd, M.Si, Ruang: 307, Hari: Jum'at, 20.01 s.d 22.30, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa