TIF2238-Kecakapan Antar Personal (2 SKS) 4 TI.18.D.4 Megawati Ulfah, S.Pd., M.Pd. B.319, Jum'at, 20.01 s.d 22.30 2019/2020

DSpace Repository

TIF2238-Kecakapan Antar Personal (2 SKS) 4 TI.18.D.4 Megawati Ulfah, S.Pd., M.Pd. B.319, Jum'at, 20.01 s.d 22.30 2019/2020

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas TEKNIK (FT)
Jurusan Teknik Informatika
Kode Matakuliah TIF2238
Nama Matakuliah Kecakapan Antar Personal
Semester 4
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Megawati Ulfah, S.Pd., M.Pd.
Peserta Perkuliahan 311810027 - YANUAR YUSUF,
311810219 - IKHWAN NUR ISMAIL,
311810227 - RIZAL RAMADHANI,
311810240 - DEDE HERMANTO,
311810322 - DICA YUDISTIRA LISTIYA PUTRA,
311810338 - FRIDA AYU CAHYANI,
311810358 - NUR LAELI ROHAYATI,
311810363 - JOAN WIANDI,
311810373 - LUKMAN NURZATI,
311810374 - MUHAMMAD RIZAL SAEFUL ROHMAN,
311810376 - YUSTARI RIZKI RAHMADANI,
311810394 - NANANG DENI MULYADI,
311810397 - JULIO ANTONY,
311810398 - DEVI YOSHERAWATI,
311810400 - MELINA PRATIWI,
311810471 - BAGUS ERI RIZQIYAN,
311810481 - RAHMAN,
311810586 - WILDAN ARRIANT SAPUTRA,
311810589 - MUHAMMAD RIFQI IQROM,
311810593 - SUKRISTIANTO,
311810597 - ACHMAD BAIHAQI,
311810609 - FAHLIL PUTUT AZIZ PRAHESTO,
311810624 - KARTONO,
311810667 - HASAN,
311810669 - HAFIDAH,
311810672 - MUHAMMAD RIZKY HERDIANTO,
311810680 - MULIADI SIREGAR,
311810683 - DAMAI BELA REFO,
311810688 - SANGAJI,
311810690 - MOHAMMAD YATIM MUHDI,
311810706 - MUH. SARJAN HUSAIN,
311810711 - JULKIPRI,
311810714 - TINA OKTA RIYANTI,
311810715 - NAFIS AL-AZIZ ATHIFAH,
311810723 - ROBI ANGGARA,
311810734 - KARIM,
311810754 - MUHAMMAD FIKRI FAUZAN,
311920817 - YAYANG ANDRIANSH MOY

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata Kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa kecakapan antar personal adalah ilmu yang bertujuan untuk memelihara, membina dan menciptakan hubungan baik antara individu dengan individu dan individu dengan organisasi dengan menggunakan kemampuan berbicara atau mengisi konten baik secara verbal maupun non-verbal dengan menggunakan semua sarana yang ada secara efektif dan efisien, sehingga mahasiswa memiliki kemampuan, kesanggupan dan keterampilan dalam pengembangan diri dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

3. Capaian / Kompetensi

1. Mahasiswa memiliki kemampuan mengenal dan meningkatkan kepribadian diri
2. Mahasiswa memiliki kemampuan tentang ketrampilan yang berhubungan dengan orang lain (inter personal skill)
3. Mahasiswa memiliki kemampuan tentang ketrampilan mengatur dirinya sendiri (intra personal skill)

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Memahami diri sendiri dalam relasi dg orang lain, mengembangkan relasi dg orang lain, memahami nilai- nilai keberagaman, mengelola orang lain dg efektif, meningkatkan produktivitas, meningkatkan kemampuan berkontribuasi pd perusahaan, masyarakat dan keluarga. Pembahasan tentang Konsep Diri Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Tes Tertulis
2 Menuntun, menemukan, menentukan, dan menjalani potensi yang ada, peluang untuk mengambil tindakan yang salah akan semakin kecil, menumbuhkan kepercayaan diri yang kuat. Pembahasan tentang Potensi Diri Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Tes Lisan dan Tugas Individu
3 Memahami pengertian manajemen waktu, memahami tujuan anajeman waktu, mampu menyebutkan prinsip-prinsip manajemen waktu, mampu menentukan urutan prioritas. Pembahasan tentang Manajemen Waktu Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Tugas Individu
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Negotiation Skill Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa dapat mengidentifikasi stressors (penyebab stressnya) dan mencari cara untuk menekan atau mengubah respon stressnya, mengenali dan mengatasi rintangan demi peningkatan diri, mengevaluasi Kecerdasan emosinya. Pembahasan tentang Manajemen Diri - Manajemen Stress Belajar mengajar Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Tes Lisan dan Tugas Individu
6 • Memahami kepemimpinan efektif.
• Mengembangkan karakter efektif untuk mendukung tujuan organisasi.
Pembahasan tentang Kepemimpinan (Leadership) Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Tes Lisan dan Tugas Individu
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan materi Kecakapan Antar Personal, Konsep Diri, Potensi Diri, Manajemen Waktu, Manajemen Diri - Manajemen Stress, Kepemimpinan (Leadership). Pembahasan tentang Review Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Tanya Jawab dan Tes Lisan
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 • Memahami manfaat dan pentingnya personal branding.
• Memahami teknik untuk
membangun
personal
branding yang
baik.
Pembahasan tentang Personal Branding Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Tugas Individu
10 • Memahami Tujuan Presentasi
• Memahami Materi Presentasi
• Mengenal Audiens
• Memahami Teknik Presentasi
Pembahasan tentang Teknik Presentasi Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Tugas Individu
11 Memiliki rasa peduli terhadap sesama atau lingkungannya.
Mampu memahami dan mempraktekan kemampuan
softskill.
Pembahasan tentang Praktek Presentasi Kelompok (1) Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Tugas Individu
12 Memiliki rasa peduli terhadap sesama atau lingkungannya.
Mampu memahami dan mempraktekan kemampuan
softskill.
Pembahasan tentang Praktek Presentasi Kelompok (2) Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Tanya Jawab dan Tes Lisan
13 Memiliki rasa peduli terhadap sesama atau lingkungannya.
Mampu memahami dan mempraktekan kemampuan
softskill.
Pembahasan tentang Praktek Presentasi Kelompok (3) Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Tanya Jawab dan Tes Lisan
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Review Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Review Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami arti penting mempelajari kecakapan antar personal. UAS Mengerjakan Soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Tes Tertulis

5. Daftar Rujukan

  1. Kecakapan Antar Personal - - STT Pelita Bangsa-2019






News

Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF2238-Kecakapan Antar Personal (2 SKS), Semester: 4 TI.18.D.4, Dosen : Megawati Ulfah, S.Pd., M.Pd., Ruang: B.319, Hari: Jum'at, 20.01 s.d 22.30, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika

Recent Submissions

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account

Discover

RSS Feeds