Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Teknik Informatika |
Kode Matakuliah | TIF3253 |
Nama Matakuliah | Perancangan Basis Data |
Semester | 6 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | Sufajar Butsianto,S.Kom.,M.Kom. |
Peserta Perkuliahan | 311610279 - SYAHRO SURYANA, 311710181 - KRISTOFORUS LENSIPRIMO NONG HUGO, 311710258 - NURUL MISBAHUDIN, 311710283 - YOGA ARIEF PANGESTU, 311710308 - DANANG BAGUS KURNIAWAN, 311710309 - BANGKIT WIJONARKO, 311710347 - DEDE SETIAWAN, 311710379 - YAFAO ZISOKHI DAELI, 311710409 - RYAN EKO SAPUTRO, 311710431 - NIKOLAS BAGUS SAPUTRA, 311710519 - FARISH AL KHAIRI, 311710549 - MUHAMMAD ALFIAN NOVANTO, 311710589 - ROHANAH, 311710752 - AFIF MAHAR WIDODO, 311710763 - DAHLAN HENDARTA, 311710828 - ARIO MANGGALA, 311720886 - NENG YULIYANAH, 311720887 - YULIANI, 311720891 - NANA PERMANA |
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan 3 - MODEL ENTITY RELATIONSHIP | Pembahasan tentang Bab 3 - MODEL ENTITY RELATIONSHIP | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan DERAJAT RELASI NOTASI LAIN | Pembahasan tentang DERAJAT RELASI NOTASI LAIN | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Bab 5 - TRANSFORMASI MODEL DATA ER ke BASIS DATA | Pembahasan tentang Bab 5 - TRANSFORMASI MODEL DATA ER ke BASIS DATA | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Perancangan Basis Data | Pembahasan tentang Perancangan Basis Data | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Studi Kasus Perancangan Basis Data | Pembahasan tentang Studi Kasus Perancangan basis Data | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : Normalisasi Data | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 9. Studi Kasus Normalisasi Data | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 10. SQL | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 11. Klausa dan Keyword dalam SQL | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 12. Klausa Join | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 13. Fungsi-fungsi pada SQL Server | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 14. Latihan Fungsi-fungsi pada SQL Server | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 15. Stored Procedure | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UAS | MENGERJAKAN SOAL UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF3253-Perancangan Basis Data (2 SKS), Semester: 6 TI.17.F.1, Dosen : Sufajar Butsianto,S.Kom.,M.Kom., Ruang: TI.B305, Hari: Jum'at, 17.31 s.d 20.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa