Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Teknik Informatika |
Kode Matakuliah | TIF2241 |
Nama Matakuliah | Analisa & Perancangan Sistem informasi |
Semester | 4 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | Ismasari Nawangsih,M.Kom. |
Peserta Perkuliahan | 311810033 - REZA ABDUL HARIS, 311810079 - DENDI SAPUTRA, 311810080 - ADE SAGITA, 311810231 - TRI HARIYADI, 311810233 - PANJI RISWANDI, 311810234 - KHOIRUL MUTTAQIN, 311810235 - ABDUL FATTAH MAULANA, 311810248 - IBRAHIM IMANUEL SAMPEAKO, 311810249 - UMMI AIDA, 311810250 - SEKTIAWAN BIMO PRIHPAMBUDI, 311810256 - IWA WAHYUDI, 311810258 - GIYAN MUHAMMAD SYARIFUDIN, 311810266 - RIKI MAULANA, 311810371 - FITRI SUSANTI, 311810380 - SYIFA AMANATUL MAOLA, 311810388 - MUHAMMAD MUHAJIR AL FATH, 311810390 - SUGIHARTO, 311810406 - WIDI ATMOKO, 311810407 - VIVI NUR SELAWATI, 311810412 - ARIF SETIYAWAN, 311810421 - SUCI QURAINI, 311810427 - ALDI ALFI ANSYAH, 311810428 - MOH SAPUTRA PANGESTU, 311810429 - HERU PERDIAN GUCI, 311810430 - TYO REPSI HARTA SANJAYA, 311810432 - LALAN SUHERLAN, 311810442 - ROJALI, 311810484 - RYAN HERIYANSAH, 311810490 - INTAN SILVIANI, 311810491 - YOGI PRIANTO, 311810492 - EDO PRASETYO, 311810493 - DHILA FADHILAH, 311810495 - MUHAMAD TOBII, 311810496 - SOFIYAN YULIANSYAH, 311810727 - DONNY ADE PUTRA, 311810779 - MUHAMMAD FEBRI FEBRIYANTO, 311810782 - ZAENAL MUSTOFA, 311810831 - INDRA DWI NUGRAHA, 311810849 - DAYATI, 311810923 - MOHAMAD SURYADI SUDIRJA, 311810936 - ANNISA FAHRANTI, 311920815 - AGUNG FIRMANSYAH |
Mata kuliah ini membahas tentang konsep analisa sitem informasi dan tahapan
dalam membuat desain/ rancangan sistem informasi serta penggunakan alat bantu perancangan sistem yang sesuai dengan pendekatan terstruktur
Bahan Kajian:
1. Konsep Dasar Sistem dan Informasi
2. Langkah-Langkah Dalam Menganalisa Sistem
3. Desain/ Perancangan Umum Sistem
4. Flow of Document
5. Data Flow Diagram
6. Entity Relationship Diagram
7. Data Dictionary
8. Desain Input Dan Output
9. Manajemen Proyek Sistem Informasi
Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep Analisa dan Perancangan Sistem Informasi. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mampu menyusun proposal proyek sistem informasi dan membuat desain/ rancangan sistem informasi yang baik.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang pendahuluan analisa dan sistem | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang . | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang konsep sistem Informasi | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan Tentang Sistem Informasi Manajemen | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Metode Teori Waterfall | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Review dan Kisi- -kisi UTS | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Quiz Analisa dan Perancangan Sistem Informasi | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang uml | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Usecase | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Activity Diagram | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Sequence Diagram | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Class Diagram | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang QUIz | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang KIsi2 dan review | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF2241-Analisa & Perancangan Sistem informasi (2 SKS), Semester: 4 TI.18.D.1, Dosen : Ismasari Nawangsih,M.Kom., Ruang: TI.B316, Hari: Jum'at, 17.31 s.d 20.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa