Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Teknik Informatika |
Kode Matakuliah | TIF2241 |
Nama Matakuliah | Analisa & Perancangan Sistem informasi |
Semester | 4 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | Muhammad Makmun Effendi, S.Kom., M.Kom |
Peserta Perkuliahan | 311610203 - CHANDRA HENDRIYANTO, 311710172 - ANNISA PUTRI GUNAWAN, 311710556 - FIKRIA NURFAUZIAH, 311810093 - IKHTIAR GUSTY SAPUTRA, 311810130 - FEBRI SURATMAN, 311810138 - IBNU UBAIDILLAH, 311810276 - YOGI ISKANDAR, 311810311 - MOHAMMAD AHID KHOIRONI, 311810503 - YOGA FEBRI PRATAMA, 311810653 - MUHAMMAD SHOFWAN KHAIDAR, 311810671 - ARIF AULIYA RAMDAN, 311810752 - IYAN FAUZI NUGRAHA, 311810758 - YULI AGUS APRIYANTO, 311810771 - MARPUDDIN, 311810794 - ROFI MUHIBBULLOH, 311810823 - ANWAR RAZID, 311810828 - PATHAN RIFANDI, 311810829 - RISMA NADIA OKTAVIANTI, 311810867 - SALAM MUHRONI, 311810883 - YOHANES FERNANDO ANOM PRABOWO, 311810902 - RIZKI ANDIKA BRILIANO, 311810903 - ZAIN AL FARUQ, 311810921 - MUHAMMAD RIZKY DARMAWAN, 311810942 - SHINTA MELLIANA RAHMAWATI |
Mata kuliah ini membahas tentang Pengantar Analisa dan Perencanaan Sitem Informasi kepada mahasiswa program studi Teknik Informatika pada tingkat awal, yang meliputi Pengenalan Analisa dan Perancangan Sistem Informasi, System Development Life Cycle (SDLC), fase planning (terkait visibilitas proyek da manajemennya) dengan menghasilkan scope document, Analysis Phase menginvestigasi kebutuhan sistem pada sebuah studi kasus dengan tepat, Fase Desain : Use Case dan Pemodelan Proses, Memodelkan kebutuhan sistem menggunakan pendekatan tradisional dan pendekatan berorientasi objek dengan benar, Mengubah dari analisis sistem menjadi desain sistem, membuat desain arsitektur dengan baik, membuat Desain interface sistem dengan benar, Membuat Sequence Diagram Berdasarkan Use Case Yang Sudah Pernah Dibuat, Desain database.
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami Analisa dan Perencanaan Sitem Informasi serta dapat menerapkannya dalam aplikasi-aplikasi teknologi informasi
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | 1.Mampu Menjelaskan Pengertian System 2. Mampu Menjelaskan Pengertian System Analyst 3. Mampu Menjelaskan System Analyst Activities 4. Mampu Menjelaskan Keahlian Analis Sistem 5. Mampu Menjelaskan Peran Analis Sistem 6. Mampu Menjelaskan Pengembang Sistem Jalur Karir 7. Mampu Menjelaskan Tingkat Gaji Analis Sistem |
Mahasiswa dapat memahami konsep Pengenalan ANSI | Belajar mengajar dan tanya jawab | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan 1.Pengertian System 2.Pengertian System Analyst 3.System Analyst Activities 4. Keahlian Analis Sistem 5. Peran Analis Sistem 6.Pengembang Sistem Jalur Karir 7. Tingkat Gaji Analis Sistem |
2 x 50 menit | Jelaskan pengertian system analyst serta sebutkan aktivitas yang dilakukan system analyst | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan | Pembahasan tentang . Mahasiswa dapat memahami System Development Life Cycle (SDLC) |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 1. Membaca dan menjelaskan System Development Life Cycle 2. Membaca dan menjelaskan Metodologi dan pendekatan – pendekatan pada SDLC 3. Membaca dan menjelaskan Pendekatan Pengembangan Sistem ( sudut pandang Sistem Analis) 4. Membaca dan menjelaskan Planning Phase |
2 x 50 menit | Jelaskan System Development Life Cycle | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan 1.Mampu menjelaskan Project Planning : Initiation 2. Mampu menjelaskan Project Planning : Management 3. Mampu menjelaskan Pengantar SDLC Fase Analisis Membaca dan Menjelaskan Project Planning : Initiation 2. Membaca dan Menjelaskan Project Planning : Management 3. Membaca dan Menjelaskan Pengantar SDLC Fase Analisis |
Pembahasan tentang Mahasiswa Melakukan fase planning (terkait visibilitas proyek da manajemennya) dengan menghasilkan scope document |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Membaca dan Menjelaskan Project Planning : Initiation 2. Membaca dan Menjelaskan Project Planning : Management 3. Membaca dan Menjelaskan Pengantar SDLC Fase Analisis Membaca dan |
2 x 50 menit | Buatlah Sebuah Scope Document terkait dengan Tema Sistem | |
4 | Mampu menjelaskan Tahapan Analisis dan Requirements 2. Mampu menjelaskan Jenis Requirements |
Pembahasan tentang 1.Tahapan Analisis dan Requirements 2.Jenis Requirements |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Mahasiswa dapat Menginvestigasi kebutuhan sistem pada sebuah studi kasus dengan tepat | 2 x 50 menit | Membaca dan menjelaskan Tahapan Analisis dan Requirements 2. Membaca dan menjelaskan Jenis Requirements |
|
5 | Mahasiswa dapat memahami Fase Desain : Use Case dan Pemodelan Proses | 1. Object Oriented dan UML 2. Use Case 3. Traditional Approach 4. Data Flow Diagram (DFD) |
Belajar mengajar dan tanya jawab | .Membaca dan menjelaskan Object Oriented dan UML 2. Membaca dan menjelaskan Use Case 3. Membaca dan menjelaskan Traditional Approach 4. Membaca dan menjelaskan Data Flow Diagram (DFD |
2 x 50 menit | 1.Mampu menjelaskan Object Oriented dan UML 2. Mampu menjelaskan Use Case 3. Mampu menjelaskan Traditional Approach 4. Mampu menjelaskan Data Flow Diagram (DFD |
|
6 | Mahasiswa dapat memahami Memodelkan kebutuhan sistem menggunakan pendekatan tradisional dan pendekatan berorientasi objek dengan benar | 1. Data Modeling 2. Entitas 3. Relasi 4. Atribute 5. Metodologi ERD |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Membaca dan menjelaskan Data Modeling 2. Membaca dan menjelaskan Entitas 3. Membaca dan menjelaskan Relasi 4. Membaca dan menjelaskan Atribute 5. Membaca dan menjelaskan Metodologi ERD |
2 x 50 menit | 1.Mampu menjelaskan Data Modeling 2. Mampu menjelaskan Entitas 3. Mampu menjelaskan Relasi 4. Mampu menjelaskan Atribute 5. Mampu menjelaskan Metodologi ERD |
|
7 | Mahasiswa dapat memahami Memodelkan kebutuhan sistem menggunakan pendekatan tradisional dan pendekatan berorientasi objek dengan benar | Pembahasan tentang Lanjutan Data Modeling dan entItas | Belajar mengajar dan tanya jawab | MMembaca dan menjelaskan Data Modeling 2. Membaca dan menjelaskan Entitas 3. Membaca dan menjelaskan Relasi 4. Membaca dan menjelaskan Atribute 5. Membaca dan menjelaskan Metodologi ERD |
2 x 50 menit | Menjawab Kisi kisi dari Bab1 sampai dengan bab6 | |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan MENJAWAB SOAL | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menjawab soal | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa dapat memahami membuat desain arsitektur dengan baik | Pembahasan tentang 1.Definisi Desain Arsitektur 2.Komponen Hardware utama dari sistem 3. Jenis Arsitektur |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Mampu menjelaskan Definisi Desain Arsitektur 2. Mampu menjelaskan Komponen Hardware utama 3. Mampu menjelaskan Jenis Arsitektur |
2 x 50 menit | Membaca dan menjelaskan Definisi Desain Arsitektur 2. Membaca dan menjelaskan Komponen Hardware utama dari sistem 3. Membaca dan menjelaskan Jenis Arsitektur |
|
10 | Mahasiswa dapat memahami Memodelkan kebutuhan sistem menggunakan pendekatan tradisional dan pendekatan berorientasi objek dengan benar | 1. Data Modeling 2. Entitas 3. Relasi 4. Atribute 5. Metodologi ERD |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Membaca dan menjelaskan Data Modeling 2. Membaca dan menjelaskan Entitas 3. Membaca dan menjelaskan Relasi 4. Membaca dan menjelaskan Atribute 5. Membaca dan menjelaskan Metodologi ERD Menjawab soal |
2 x 50 menit | 1.Mampu menjelaskan Data Modeling 2. Mampu menjelaskan Entitas 3. Mampu menjelaskan Relasi 4. Mampu menjelaskan Atribute 5. Mampu menjelaskan Metodologi ERD |
|
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan secara teoritis dan praktis step by step pembuatan peracngan sistem informasi berorientasi menggunakan UML_ Activity Diagram | Pembahasan tentang UML Use Case , Sequeuce dan Activity Diagram |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Membaca,Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan menjelaskan rancangan sistem informasi yang dibuat | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan.menyebutkan.dan mengerti alur UML | |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan secara teoritis dan praktis step by step pembuatan peracngan sistem informasi berorientasi menggunakan UML- Class Diagram | Pembahasan tentang Class DIagram | Belajar mengajar dan tanya jawab | Membaca,Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan menjelaskan rancangan sistem informasi yang dibuat | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan.menyebutkan.dan mengerti alur UML | |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan, mendiskusikan secara dentail Perancangan Sistem Informasi yang dibuatnya | Pembahasan tentang Membuat Perancangan Sistem Informasi | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab pertanyaan dari Perancangan SI yang dibuat |
2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan, Ketepatan langkah langkah pembuatan UML dari Perancangan SI yg dibuat | |
14 | membuat sistem informasi teknologi an pembuatan software | Pembahasan tentang Tahapan Pembuatan Sistem dan Software | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak mengamati dan menjelakan software dan sistem informasi yang direncanakan di buat | 2 x 50 menit | Dapat membuat sistem informasi sesuai dengan tahapannya dan sesuai dengan yang hendak di capai | |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Tahapan dalam membuat UML lebih mendalam lagi | Pembahasan adalah mereview bab 9 sd bab 14 | Belajar mengajar dan tanya jawab | Membaca,Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan menjelaskan rancangan sistem informasi yang dibuat dengan menggunakan UML | 2 x 50 menit | Dapat membuat sistem informasi sesuai dengan tahapannya dan sesuai dengan yang hendak di capai | |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF2241-Analisa & Perancangan Sistem informasi (2 SKS), Semester: 4 TI.18.F.1, Dosen : Muhammad Makmun Effendi, S.Kom., M.Kom, Ruang: TI.B303, Hari: Jum'at, 17.31 s.d 20.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa