TIF2240-Teori Bahasa & Otomata (3 SKS) 4 TI.18.2BKS Elkin Rilvani,,M.M, M.Kom. 2019/2020

DSpace Repository

TIF2240-Teori Bahasa & Otomata (3 SKS) 4 TI.18.2BKS Elkin Rilvani,,M.M, M.Kom. 2019/2020

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas TEKNIK (FT)
Jurusan Teknik Informatika
Kode Matakuliah TIF2240
Nama Matakuliah Teori Bahasa & Otomata
Semester 4
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Elkin Rilvani,,M.M, M.Kom.
Peserta Perkuliahan 311810110 - ALTHEA NUR FADILLAH,
311810111 - MUHAMMAD NAUFAL MUSYAIRI,
311810112 - RIZKY WIDYA UTAMA,
311810293 - ANNISA SARASWATI,
311810321 - HIDAYAT NUR AKBAR,
311810452 - DAFA KHAIRIN SHIDQI,
311810737 - RIZKI AZIS MAULANA,
311810931 - BREGAS HAIRDHIAWAN,
311810954 - ZHAFRAN NAFIS RAMADHAN,
311810959 - IHWAL JANUAR

2. Deskripsi Pembelajaran

3. Capaian / Kompetensi

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan, mengidentifikasikan
definisi formal dari FSA dengan menggunakan graf transisi
Pembahasan tentang mengidentifikasikan
definisi formal dari FSA dengan menggunakan graf transisi
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal, mengerjakan tugas, mengerjakan tes / ujian 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan mengidentifikasikan bahasa yang diterima oleh DFA tertentu Pembahasan tentang membuat graf transisi dari definisi bahasa DFA Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tata bahasa bebas konteks, tata bahasa peka konteks Pembahasan tentang Klasifikasi Chomsky Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tata bahasa reguler automata, ekspresi reguler, ekivalensi tata bahasa dengan ekspresi reguler Pembahasan tentang Tata Bahasa dan Ekspresi Reguler Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan review materi Pembahasan tentang Review materi Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Transisi empty, Empty closure, Langkah-langkah Pengubahan, Implementasi. Pembahasan tentang Non Deterministic Finite Automata dengan e-move Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Context Free Grammar Pembahasan tentang Context Free Grammar Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Definisi Automata Pushdown (PDA), Deterministik PDA dan Nondeterministik PDA Pembahasan tentang Definisi Automata Pushdown Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan membuat
mesin Turing dari
suatubahasa.
Pembahasan tentang Mesin Turing Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Model mesin turing, Aksi Mesin Turing Pembahasan tentang Model Mesin Turing Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Peranan Mesin Turing, Mesin Turing Penyalin Simbol Pembahasan tentang Peranan Mesin Turing Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mesin Turing Universal, Halting Problem Pembahasan tentang Mesin Turing Universal Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF2240-Teori Bahasa & Otomata (3 SKS), Semester: 4 TI.18.2BKS, Dosen : Elkin Rilvani,,M.M, M.Kom., Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika

Recent Submissions

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account

Discover

RSS Feeds