Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Teknik Informatika |
Kode Matakuliah | TIF3256 |
Nama Matakuliah | Riset Teknologi Informasi |
Semester | 6 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | Wiyanto, S.Kom.,M.Kom. |
Peserta Perkuliahan | 311710127 - TIARA RAHAYU RUHYAT, 311710181 - KRISTOFORUS LENSIPRIMO NONG HUGO, 311710258 - NURUL MISBAHUDIN, 311710283 - YOGA ARIEF PANGESTU, 311710308 - DANANG BAGUS KURNIAWAN, 311710309 - BANGKIT WIJONARKO, 311710321 - SALSA FADHILAH, 311710347 - DEDE SETIAWAN, 311710358 - ANI SURYANI, 311710379 - YAFAO ZISOKHI DAELI, 311710409 - RYAN EKO SAPUTRO, 311710431 - NIKOLAS BAGUS SAPUTRA, 311710519 - FARISH AL KHAIRI, 311710549 - MUHAMMAD ALFIAN NOVANTO, 311710589 - ROHANAH, 311710752 - AFIF MAHAR WIDODO, 311710763 - DAHLAN HENDARTA, 311710828 - ARIO MANGGALA, 311720886 - NENG YULIYANAH, 311720887 - YULIANI, 311720891 - NANA PERMANA |
Didalam perkuliahan dibahas :
Penyampaian Silabus & Pengertian Penelitian (research)
Identifikasi Masalah dan Hipotesis
Tinjauan Literatur & Pustaka
Sitasi & Penyitiran
Desain Penelitian
Metode, Teknik dan Instrumen Penelitian
Penelitan Dibidang Ilmu Komputer
Penelitian Kuantitatif
Analisa Data Kuantitatif
Penelitian Kualitatif
Analisa Data Kualitatif
Penulisan Laporan Hasil Penelitian
Presentasi Hasil Penelitian
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa diharapkan :
Menentukan Tema Penelitian untuk Tugas Akhir, menyusun latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan masalah, menentukan tujuan penelitian.
Mencari jurnal-jurnal ilmiah sesuai dengan tema yang relevan, menentukan landasan teori, membuat kerangka konsep.
Membuat hipotesis, menyusun sistem yang berjalan, menyusun sistem usulan, merancang sistem untuk dapat menyelesaikan permasalahan.
Mendesain sistem, menguji sistem yang dibuat, hasil penelitian.
Menyimpulkan hasil penelitian.
Dapat menyusun laporan hasil penelitian serta membuat jurnal ilmiah
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa Mengerti Silabus & Memahami Mata Kuliah Riset Teknologi Informasi | Pembahasan Silabus & Perkenalan | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Silabus |
2 | Mahasiswa memahami konsep penelitian, perbedaan antara metode dengan metodologi dan metode pengembangan teknologi informasi |
Pembahasan tentang pengenalan terhadap konsep Penelitian | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Konsep Penelitian |
3 | Mahasiswa dapat mengidentifikasi, membatasi dan merumuskan masalah serta dapat menentukan hipotesis dari penelitian/ riset. | Metode Penelitian/Riset Teknologi Informasi | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
4 | Mahasiswa dapat membuat sebuah tinjauan pustaka sederhana dan penulisannya dalam daftar pustaka |
Pembahasan tentang Tinjauan Literatur & Pustaka | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
5 | Mahasiswa dapat membuat sitasi (sitiran) untuk penulisan karya ilmiah dalam daftar pustaka . | Pembahasan tentang Sitasi atau Penyitiran | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Sistasi & Daftar Pustaka |
6 | Mahasiswa mampu Mendesain Penelitian dan Dapat Menuliskannya Pada Laporan Penelitian | Pembahasan tentang Desain Penelitian | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Desain/Metode Penelitian |
7 | Mahasiswa mampu Membuat Proposal Penelitian | Pembahasan tentang Penulisan Proposal Penelitian | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Proposal Penelitian |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS - Take Home | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan Metode, Teknik dan Instrumen Penelitian | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Metode Penelitian |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan Penelitan Dibidang Ilmu Komputer | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Penelitan Dibidang Ilmu Komputer |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Penelitian Kuantitatif | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Penelitian Kuantitatif |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Analisa Data Kuantitatif | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Analisa Data Kuantitatif |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Penelitian Kualitatif | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Penelitian Kualitatif |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Analisa Data Kualitatif | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Analisa Data Kualitatif |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Laporan Hasil Penelitian dan Presentasi Laporan | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Laporan Hasil Penelitian |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF3256-Riset Teknologi Informasi (3 SKS), Semester: 6 TI.17.F.1, Dosen : Wiyanto, S.Kom.,M.Kom., Ruang: TI.B303, Hari: Kamis, 20.01 s.d 22.30, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa