TIF3256-Riset Teknologi Informasi (3 SKS) 6 TI.17.F.1 Wiyanto, S.Kom.,M.Kom. TI.B303, Kamis, 20.01 s.d 22.30 2019/2020

DSpace Repository

TIF3256-Riset Teknologi Informasi (3 SKS) 6 TI.17.F.1 Wiyanto, S.Kom.,M.Kom. TI.B303, Kamis, 20.01 s.d 22.30 2019/2020

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas TEKNIK (FT)
Jurusan Teknik Informatika
Kode Matakuliah TIF3256
Nama Matakuliah Riset Teknologi Informasi
Semester 6
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Wiyanto, S.Kom.,M.Kom.
Peserta Perkuliahan 311710127 - TIARA RAHAYU RUHYAT,
311710181 - KRISTOFORUS LENSIPRIMO NONG HUGO,
311710258 - NURUL MISBAHUDIN,
311710283 - YOGA ARIEF PANGESTU,
311710308 - DANANG BAGUS KURNIAWAN,
311710309 - BANGKIT WIJONARKO,
311710321 - SALSA FADHILAH,
311710347 - DEDE SETIAWAN,
311710358 - ANI SURYANI,
311710379 - YAFAO ZISOKHI DAELI,
311710409 - RYAN EKO SAPUTRO,
311710431 - NIKOLAS BAGUS SAPUTRA,
311710519 - FARISH AL KHAIRI,
311710549 - MUHAMMAD ALFIAN NOVANTO,
311710589 - ROHANAH,
311710752 - AFIF MAHAR WIDODO,
311710763 - DAHLAN HENDARTA,
311710828 - ARIO MANGGALA,
311720886 - NENG YULIYANAH,
311720887 - YULIANI,
311720891 - NANA PERMANA

2. Deskripsi Pembelajaran

Didalam perkuliahan dibahas :
Penyampaian Silabus & Pengertian Penelitian (research)
Identifikasi Masalah dan Hipotesis
Tinjauan Literatur & Pustaka
Sitasi & Penyitiran
Desain Penelitian
Metode, Teknik dan Instrumen Penelitian
Penelitan Dibidang Ilmu Komputer
Penelitian Kuantitatif
Analisa Data Kuantitatif
Penelitian Kualitatif
Analisa Data Kualitatif
Penulisan Laporan Hasil Penelitian
Presentasi Hasil Penelitian

3. Capaian / Kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa diharapkan :
Menentukan Tema Penelitian untuk Tugas Akhir, menyusun latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan masalah, menentukan tujuan penelitian.
Mencari jurnal-jurnal ilmiah sesuai dengan tema yang relevan, menentukan landasan teori, membuat kerangka konsep.
Membuat hipotesis, menyusun sistem yang berjalan, menyusun sistem usulan, merancang sistem untuk dapat menyelesaikan permasalahan.
Mendesain sistem, menguji sistem yang dibuat, hasil penelitian.
Menyimpulkan hasil penelitian.
Dapat menyusun laporan hasil penelitian serta membuat jurnal ilmiah

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa Mengerti Silabus & Memahami Mata Kuliah Riset Teknologi Informasi Pembahasan Silabus & Perkenalan Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Silabus
2 Mahasiswa memahami konsep
penelitian, perbedaan antara
metode dengan metodologi dan
metode pengembangan teknologi informasi
Pembahasan tentang pengenalan terhadap konsep Penelitian Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Konsep Penelitian
3 Mahasiswa dapat mengidentifikasi, membatasi dan merumuskan masalah serta dapat menentukan hipotesis dari penelitian/ riset. Metode Penelitian/Riset Teknologi Informasi Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa dapat membuat sebuah
tinjauan pustaka sederhana dan
penulisannya dalam daftar pustaka
Pembahasan tentang Tinjauan Literatur & Pustaka Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa dapat membuat sitasi (sitiran) untuk penulisan karya ilmiah dalam daftar pustaka . Pembahasan tentang Sitasi atau Penyitiran Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Sistasi & Daftar Pustaka
6 Mahasiswa mampu Mendesain Penelitian dan Dapat Menuliskannya Pada Laporan Penelitian Pembahasan tentang Desain Penelitian Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Desain/Metode Penelitian
7 Mahasiswa mampu Membuat Proposal Penelitian Pembahasan tentang Penulisan Proposal Penelitian Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Proposal Penelitian
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS - Take Home Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan Metode, Teknik dan Instrumen Penelitian Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Metode Penelitian
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan Penelitan Dibidang Ilmu Komputer Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Penelitan Dibidang Ilmu Komputer
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Penelitian Kuantitatif Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Penelitian Kuantitatif
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Analisa Data Kuantitatif Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Analisa Data Kuantitatif
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Penelitian Kualitatif Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Penelitian Kualitatif
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Analisa Data Kualitatif Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Analisa Data Kualitatif
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Laporan Hasil Penelitian dan Presentasi Laporan Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Laporan Hasil Penelitian
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF3256-Riset Teknologi Informasi (3 SKS), Semester: 6 TI.17.F.1, Dosen : Wiyanto, S.Kom.,M.Kom., Ruang: TI.B303, Hari: Kamis, 20.01 s.d 22.30, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika

Recent Submissions

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account

Discover

RSS Feeds