TIF2240-Teori Bahasa & Otomata (3 SKS) 4 TI.18.C.1 Asep Arwan.S.T. 307, Kamis, 20.01 s.d 22.30 2019/2020

DSpace Repository

TIF2240-Teori Bahasa & Otomata (3 SKS) 4 TI.18.C.1 Asep Arwan.S.T. 307, Kamis, 20.01 s.d 22.30 2019/2020

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas TEKNIK (FT)
Jurusan Teknik Informatika
Kode Matakuliah TIF2240
Nama Matakuliah Teori Bahasa & Otomata
Semester 4
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Asep Arwan.S.T.
Peserta Perkuliahan 311710037 - FAHRUL ISLAM,
311810011 - AYU SAFITRI,
311810108 - RENDY PERDANA,
311810152 - MUHAMMAD RIDZKY DHARMAWAN,
311810245 - ARIEF RAFI'I DEWA SYIFA,
311810251 - AFFAN GHOFAR ABDURRAHMAN,
311810253 - FAISAL KAHAR PRAMUJITO,
311810272 - AROHMAN,
311810305 - CHRISTOPER RAYO,
311810345 - M. HAERUDIN,
311810360 - MUHAMMAD GESANG SETIAWAN,
311810465 - RINA WIDIYANTI HASUGIAN,
311810485 - ANGGIE DWI LESTARI,
311810497 - PUTRI RIYANTI,
311810567 - TAZKIA AULIA TAJUDIN,
311810623 - CATUR PRAMONO,
311810724 - RIGIL MAKMUN,
311810741 - MOCHAMMAD DIDAN RAIHAN ABDILLAH,
311810778 - HILMI MUGNI,
311810809 - ANGGA,
311810821 - MUHAMMAD FATIH SYAHADAT,
311810859 - LAILATUSSA'ADAH,
311810861 - FARHAN AGIL AL MUNZID,
311810872 - HAFIZH YASSAR NOVANSYAH,
311810924 - ENGGAR MAHARDITA,
311810939 - NITA NURHIDAYAH

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini membantu mahasiswa dalam memahami ciri-ciri dari kelas-kelas tata bahasa, membuat tata bahasa yang termasuk ke dalam kelas tata bahasa reguler, bebas konteks, dan peka konteks, membuat mesin hipotetik dan perencanaan compiler. Topik-topik yang dipelajari meliputi; definisi tata bahasa, klasifikasi Chomsky, tata bahasa dan ekspresi reguler, tata bahasa bebas konteks, tata bahasa peka konteks, finite state automata, push down automata, mesin turing, dan teknik kompilasi.

3. Capaian / Kompetensi

1. Mampu mengembangkan sistem dengan cara melakukan perencanaan, analisis, desain, penerapan, pengujian,
dan pemeliharaan sistem untuk menghasilkan sebuah solusi yang relevan, akurat, dan tepat sesuai dengan
kebutuhan pengguna.
2. Mampu memanfaatkan pengetahuan di bidang sistem cerdas yang dimiliki terkait dengan pengembangan
sistem cerdas yang dapat mempelajari pola data, mengekstrak informasi, kemampuan belajar, dengan tujuan
untuk menghasilkan solusi yang dapat diterima secara optimal\
3. Mampu merancang dan membangun suatu sistem dengan menggunakan pemrograman procedural dan
berorientasi objek untuk menyelesaikan masalah.
4. Memiliki pengetahuan terhadap alat bantu, pre-processing, pemrosesan dan post- processing terhadap data
dengan melakukan analisis, memodelkan masalah dan mengimplementasikan solusi yang tepat terkait
dengan pemrosesan data berbasis sistem cerdas untuk menghasilkan sistem cerdas yang adaptable, efektif,
efisien, aman, dan optimal.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang terminologi, operasi, dan metode bahasa Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang grammar, derivasi & parse tree, dan klasifikasinya Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Quiz Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang tugas Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang kisi kisi untuk UTS Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang tugas Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang PDA (Push Down Automata) Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Quiz Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Mesin Turing I Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Peranan Mesin Turing Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Mesin Turing II Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang tugas Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang tugsa dan quis Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF2240-Teori Bahasa & Otomata (3 SKS), Semester: 4 TI.18.C.1, Dosen : Asep Arwan.S.T., Ruang: 307, Hari: Kamis, 20.01 s.d 22.30, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika

Recent Submissions

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account

Discover

RSS Feeds