KTI125-Perencanaan dan Pengendalian Produksi (3 SKS) 4 IE.18.B.1 Ir. Tri Ngudi Wiyatno, M.T, Fibi Eko Putra, S.T. TI.B304, Kamis, 20.00 s.d 21.30 2019/2020

DSpace Repository

KTI125-Perencanaan dan Pengendalian Produksi (3 SKS) 4 IE.18.B.1 Ir. Tri Ngudi Wiyatno, M.T, Fibi Eko Putra, S.T. TI.B304, Kamis, 20.00 s.d 21.30 2019/2020

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas TEKNIK (FT)
Jurusan Teknik Industri
Kode Matakuliah KTI125
Nama Matakuliah Perencanaan dan Pengendalian Produksi
Semester 4
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Ir. Tri Ngudi Wiyatno, M.T,
Fibi Eko Putra, S.T.
Peserta Perkuliahan 351910013 - ARIE LUKMAN FIRDAUS,
351910022 - PIO SUJARWO,
351910029 - IMAM RUSDIYANTO,
351910037 - MOH.PAJAR SETIADI,
351910054 - SONI SUTRISNA,
351910061 - RUDI WIDODO,
351910076 - INDIRWAN SUGANDA,
351910077 - TRADA MAULANA AXRAM SUGIANTORO,
351910078 - TAUFIQUR ROCHMAN,
351910088 - YEREMIA RAJA FEBRIAN,
351910093 - SINGGIH PITONO,
351910096 - MOHAMMAD FADHIL MAULANA,
351910097 - SEFANIA HIA

2. Deskripsi Pembelajaran

Perencanaa produksi sebagai suatu sistem, analisis, metode untuk perencanaan dan pengendalian kegiatan produksi/manufaktur, serta penggunaan teknik-teknik perencanaan dan pengendalian produksi yang berbasis pada konsep Manufacturing Resource Planning (MRP II). Menjelaskan mengenai jenis-jenis peramalan, tujuan dan manfaat peramalan, serta hubungannya dengan permintaan dan produksi. Fungsi perencanaan aggregat, proses disagregasi dan hubungannya dengan jadual induk produksi. Pengertian dari pengendalian persediaan, serta penggunaan metode-metode dari sistem persediaan. Penjadualan mesin, penjadualan tenaga kerja serta keseimbangan lini produksi dan ERP. Standar

3. Capaian / Kompetensi

1. Mahasiswa dapat menunjukkan peranan/fungsi perencanaan dan pengendalian produksi dalam organisasi bisnis serta menjelaskan tentang siklus perencanaan dan pengendalian
2. Mahasiswa dapat menggambarkan konsep dari kapasitas, menjelaskan konsep laju produksi dan konsep waktu dalam produksi.
3. Memahami pengertian keseimbangan lini produksi dan proses penjadualan produksi untuk proses tunggal dan jamak
4. Memahami pengertian, kelebihan dan kelemahan ERP System dibandingkan sistem produksi klasik

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Perencanaan Produksi Pembahasan tentang Perencanaan Produksi Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Perencanaan Produksi, Ketepatan menyebutkan Perencanaan Produksi, dan lain sebagainya Perencanaan Produksi
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Material Requirment Planning Pembahasan tentang Material Requirment Planning Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Material Requirment Planning, Ketepatan menyebutkan Material Requirment Planning, dan lain sebagainya Material Requirment Planning
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Sistem Inventory Pembahasan tentang Sistem Inventory Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Sistem Inventory, Ketepatan menyebutkan Sistem Inventory, dan lain sebagainya Sistem Inventory
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Line Balancing Pembahasan tentang Line Balancing Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Line Balancing, Ketepatan menyebutkan Line Balancing, dan lain sebagainya Line Balancing
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Critical Path Method Pembahasan tentang Critical Path Method Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Critical Path Method, Ketepatan menyebutkan Critical Path Method, dan lain sebagainya Critical Path Method
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Just In Time (JIT) Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Just In Time (JIT)
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Peramalan (Forecasting) Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Peramalan (Forecasting)
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Manajemen Mutu Pembahasan tentang Manajemen Mutu Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Manajemen Mutu, Ketepatan menyebutkan Manajemen Mutu, dan lain sebagainya Manajemen Mutu
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Manajemen Kualitas Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Total Preventive Maintenance (TPM) Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Total Preventive Maintenance (TPM)
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Six Sigma Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Six Sigma
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Lean Manufacturing Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Lean Manufacturing
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Problem Solving Approach Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 7 Tools
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Standard Operating Procedure (SOP) Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Standard Operating Procedure (SOP)
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: KTI125-Perencanaan dan Pengendalian Produksi (3 SKS), Semester: 4 IE.18.B.1, Dosen : Ir. Tri Ngudi Wiyatno, M.T, Fibi Eko Putra, S.T., Ruang: TI.B304, Hari: Kamis, 20.00 s.d 21.30, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Industri

Recent Submissions

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account

Discover

RSS Feeds