Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Teknik Informatika |
Kode Matakuliah | TIF3256 |
Nama Matakuliah | Riset Teknologi Informasi |
Semester | 6 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | Wiyanto, S.Kom.,M.Kom. |
Peserta Perkuliahan | 311510558 - MUHAMMAD KHARIS MA'MUN, 311510992 - ANDI ANTONI, 311610584 - SUWARJINO, 311610735 - HERYANTO, 311620782 - M.ACHMAD.SAHRONI, 311710003 - ANDI PURNAMA, 311710040 - FONAHIA JISOKHI ZAGOTO, 311710080 - ANDIKA SUTEJO PUTRO, 311710092 - PUTRI NURHAFENDA HARUN, 311710095 - GIRI BALDY SYACHBANNY, 311710112 - MEGA RESTU MIRANTIKA, 311710150 - KRISTINA HAKIM MUKTI, 311710163 - SERUNI CAHYA NUGRAHENI, 311710176 - IYAN SANTOSO, 311710182 - BAGAS DARMAWAN PANGESTU, 311710234 - DERY RIYADI, 311710269 - RICKY HARIYA, 311710291 - YULIANTI, 311710327 - YOGI SOMANTRI, 311710343 - ADI NURYANTO, 311710389 - ARIA PRATAMA, 311710406 - BUDIYANTO, 311710426 - GUNAWAN, 311710460 - ARIP PRIYADI, 311710465 - WIWIN WINARTI, 311710486 - EGY PRATAMA PUTRA, 311710496 - VIRDYAWAN EKA PRAYOGA, 311710560 - MUHAMMAD RIZKI ISWANTO, 311710594 - RIFKI TIA BAYU JAYA, 311710595 - ASEP SEPTIAN MUHAMAD IQBAL, 311710619 - RITA PURNAMASARI, 311710640 - FUAD HASAN, 311710643 - SYA-SYAH APRILIYANI, 311710662 - EKO BAGUS ARDIANSAH, 311710671 - MUHAMMAD ASYROF ALFANDI, 311710769 - RIANTI KINASIH, 311710802 - KOSO RIYANTO, 311710853 - SATRIA ARYA PRATAMA |
Didalam perkuliahan dibahas :
Penyampaian Silabus & Pengertian Penelitian (research)
Identifikasi Masalah dan Hipotesis
Tinjauan Literatur & Pustaka
Sitasi & Penyitiran
Desain Penelitian
Metode, Teknik dan Instrumen Penelitian
Penelitan Dibidang Ilmu Komputer
Penelitian Kuantitatif
Analisa Data Kuantitatif
Penelitian Kualitatif
Analisa Data Kualitatif
Penulisan Laporan Hasil Penelitian
Presentasi Hasil Penelitian
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa diharapkan :
Menentukan Tema Penelitian untuk Tugas Akhir, menyusun latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan masalah, menentukan tujuan penelitian.
Mencari jurnal-jurnal ilmiah sesuai dengan tema yang relevan, menentukan landasan teori, membuat kerangka konsep.
Membuat hipotesis, menyusun sistem yang berjalan, menyusun sistem usulan, merancang sistem untuk dapat menyelesaikan permasalahan.
Mendesain sistem, menguji sistem yang dibuat, hasil penelitian.
Menyimpulkan hasil penelitian.
Dapat menyusun laporan hasil penelitian serta membuat jurnal ilmiah
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa Mengerti Silabus & Memahami Mata Kuliah Riset Teknologi Informasi | Pembahasan Silabus & Perkenalan | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Silabus |
2 | Mahasiswa memahami konsep penelitian, perbedaan antara metode dengan metodologi dan metode pengembangan teknologi informasi |
Pembahasan tentang pengenalan terhadap konsep Penelitian | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Konsep Penelitian |
3 | Mahasiswa dapat mengidentifikasi, membatasi dan merumuskan masalah serta dapat menentukan hipotesis dari penelitian/ riset. | Metode Penelitian/Riset Teknologi Informasi | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
4 | Mahasiswa membuat sebuah tinjauan pustaka sederhana dan penulisannya dalam daftar pustaka |
Pembahasan tentang Tinjauan Literatur & Pustaka | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
5 | Mahasiswa dapat membuat sitasi (sitiran) untuk penulisan karya ilmiah dalam daftar pustaka | Pembahasan tentang Sitasi Atau Sitiran | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Sitasi & Daftar Pustaka |
6 | Mahasiswa mampu Mendesain Penelitian dan Dapat Menuliskannya Pada Laporan Penelitian | Pembahasan tentang Desain Penelitian | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
7 | Mahasiswa mampu Membuat Proposal Penelitian | Pembahasan tentang Penulisan Proposal Penelitian | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Proposal Penelitian |
8 | Pelaksanaan UTS | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS - Take Home | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan Metode, Teknik dan Instrumen Penelitian | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Metode Penelitian |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan Penelitan Dibidang Ilmu Komputer | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Penelitan Dibidang Ilmu Komputer |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Penelitian Kuantitatif | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Penelitian Kuantitatif |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Analisa Data Kuantitatif | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Analisa Data Kuantitatif |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Penelitian Kualitatif | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Penelitian Kualitatif |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Analisa Data Kualitatif | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Analisa Data Kualitatif |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Penulisan Laporan Hasil Penelitian & Presentasi Laporan | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Penulisan Hasil Penelitian |
16 | Pelaksanaan UAS | 16 : UAS | Mengerjakan UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF3256-Riset Teknologi Informasi (3 SKS), Semester: 6 TI.17.C.1, Dosen : Wiyanto, S.Kom.,M.Kom., Ruang: TI.B302, Hari: Kamis, 17.31 s.d 20.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa