MPB3002-AMDAL (3 SKS) 6 TL.17.D.5 Noviaji Joko Priono, S.K.M.,M.K.K.K. 208, Rabu, 20.30 s.d 23.00 2019/2020

DSpace Repository

MPB3002-AMDAL (3 SKS) 6 TL.17.D.5 Noviaji Joko Priono, S.K.M.,M.K.K.K. 208, Rabu, 20.30 s.d 23.00 2019/2020

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas TEKNIK (FT)
Jurusan Teknik Lingkungan
Kode Matakuliah MPB3002
Nama Matakuliah AMDAL
Semester 6
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Noviaji Joko Priono, S.K.M.,M.K.K.K.
Peserta Perkuliahan 331710007 - SHAROFATU TIANINGSIH,
331710008 - SITI SRI LESTARI,
331710017 - WAHYU EGI NUGRAHA,
331710021 - ENDING HASANUDIN,
331710027 - RIZKY RAHARDI,
331710035 - MUHAMMAD RIFAI,
331710038 - PUTRI WULANDARI,
331710040 - MICHELE DELINA,
331710047 - SUDARMAWAN,
331710065 - DEWI SUPANDARI,
331710067 - ARI NURDIANSYAH,
331710070 - SINTA DWI PRATIWI,
331710072 - SITI NURAENI,
331710075 - YUDI SETIADI,
331710077 - DEDE SETIADI NUGRAHA,
331710078 - DANAR WINDHU SUCI,
331710083 - MAY WIDIATI,
331710091 - UMI KHAIRUNNISA,
331710111 - SYIFA NURFAUZI,
331710120 - MAMAD NURAHMAD,
331710121 - GALUH DWI NUGROHO,
331710126 - SAEFUL BAHRI,
331710129 - CHURUL 'AINI HARLIYA,
331710130 - NADYA KARIMA,
331710149 - SAFRIZAL RACHMANA PUTRA,
331710150 - MUJIBUNNIAM,
331710161 - UNTUNG SULISTIAWAN,
331710162 - LUTHFIYAN ARIEF RACHMAN,
331710185 - ILHAM SHOLAKHUDDIN AMMA,
331710188 - PARDIYO,
331710195 - REYNALDI IZSTHY,
331710209 - MUHAMAD ISHAK FARIZ,
331710228 - ORIANA PERBAWATI,
331710231 - AFFIN AULYA AHSAN,
331810167 - LAILATUL FAUZIAH

2. Deskripsi Pembelajaran

Pengantar Amdal

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa memiliki pemahaman mengenai konsep AMDAL

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 1. Pembahasan tentang Dasar-dasar Amdal Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 2. Pembahasan tentang Definisi, Manfaat AMDAL dan Izin Lingkungan
• Terminologi dalam AMDAL
• Berbagai Masalah LH
• Mengapa AMDAL diperlukan
• Siapa yang harus mengerjakan AMDAL
• Jenis Dokumen AMDAL
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 3. Pembahasan tentang Sejarah Perkembangan AMDAL Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 4. Pembahasan tentang Peraturan Perundangan terkait AMDAL di Indonesia Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 5. Pembahasan tentang Proses Penapisan Dalam AMDAL
• Pengertian, Metode dan Kegiatan Wajib AMDAL
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 6. Pembahasan tentang Keterlibatan Masyarakat dalam Penyusunan AMDAL
• Tujuan dan manfaat partisipasi masyarakat
• Kelompok masyarakat dalam berpartisipasi
• Pelaksanaan
• Isu LH
• Interaksi manusia dengan LH
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 7. Pembahasan tentang Prakiraan dan Evaluasi Dampak
• Identifikasi dampak
• Metode dan teknik identifikasi dampak
• Prakiraan dampak & tujuan
• Tujuan dan manfaat evaluasi dampak
• Metode evaluasi dampak
• Metode Pengumpulan dan analisis data (MPAD)
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 9. Pembahasan tentang Kajian Aspek Lingkungan Fisik-Kimia Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 10. Pembahasan tentang Kajian Aspek Lingkungan Biologi Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 11. Pembahasan tentang Kajian Aspek Kesehatan Masyarakat
Penyusunan Dokumen Kerangka Acuan (KA)
Belajar mengajar dan tanya jawab. Menggunakan Zoom online. Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 12. Pembahasan tentang Kajian Sosial Ekonomi Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 13. Pembahasan tentang Penyusunan Dokumen Kerangka Acuan Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 14. Pembahasan tentang Penyusunan Dokumen ANDAL – RKL RPL Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 15. Pembahasan tentang Penilaian dan Pemeriksaan Dokumen Lingkungan Hidup Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: MPB3002-AMDAL (3 SKS), Semester: 6 TL.17.D.5, Dosen : Noviaji Joko Priono, S.K.M.,M.K.K.K., Ruang: 208, Hari: Rabu, 20.30 s.d 23.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Lingkungan

Recent Submissions

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account

Discover

RSS Feeds