Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Teknik Lingkungan |
Kode Matakuliah | MPB3002 |
Nama Matakuliah | AMDAL |
Semester | 6 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | Noviaji Joko Priono, S.K.M.,M.K.K.K. |
Peserta Perkuliahan | 331710007 - SHAROFATU TIANINGSIH, 331710008 - SITI SRI LESTARI, 331710017 - WAHYU EGI NUGRAHA, 331710021 - ENDING HASANUDIN, 331710027 - RIZKY RAHARDI, 331710035 - MUHAMMAD RIFAI, 331710038 - PUTRI WULANDARI, 331710040 - MICHELE DELINA, 331710047 - SUDARMAWAN, 331710065 - DEWI SUPANDARI, 331710067 - ARI NURDIANSYAH, 331710070 - SINTA DWI PRATIWI, 331710072 - SITI NURAENI, 331710075 - YUDI SETIADI, 331710077 - DEDE SETIADI NUGRAHA, 331710078 - DANAR WINDHU SUCI, 331710083 - MAY WIDIATI, 331710091 - UMI KHAIRUNNISA, 331710111 - SYIFA NURFAUZI, 331710120 - MAMAD NURAHMAD, 331710121 - GALUH DWI NUGROHO, 331710126 - SAEFUL BAHRI, 331710129 - CHURUL 'AINI HARLIYA, 331710130 - NADYA KARIMA, 331710149 - SAFRIZAL RACHMANA PUTRA, 331710150 - MUJIBUNNIAM, 331710161 - UNTUNG SULISTIAWAN, 331710162 - LUTHFIYAN ARIEF RACHMAN, 331710185 - ILHAM SHOLAKHUDDIN AMMA, 331710188 - PARDIYO, 331710195 - REYNALDI IZSTHY, 331710209 - MUHAMAD ISHAK FARIZ, 331710228 - ORIANA PERBAWATI, 331710231 - AFFIN AULYA AHSAN, 331810167 - LAILATUL FAUZIAH |
Pengantar Amdal
Mahasiswa memiliki pemahaman mengenai konsep AMDAL
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1. Pembahasan tentang Dasar-dasar Amdal | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 2. Pembahasan tentang Definisi, Manfaat AMDAL dan Izin Lingkungan • Terminologi dalam AMDAL • Berbagai Masalah LH • Mengapa AMDAL diperlukan • Siapa yang harus mengerjakan AMDAL • Jenis Dokumen AMDAL |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 3. Pembahasan tentang Sejarah Perkembangan AMDAL | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 4. Pembahasan tentang Peraturan Perundangan terkait AMDAL di Indonesia | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 5. Pembahasan tentang Proses Penapisan Dalam AMDAL • Pengertian, Metode dan Kegiatan Wajib AMDAL |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 6. Pembahasan tentang Keterlibatan Masyarakat dalam Penyusunan AMDAL • Tujuan dan manfaat partisipasi masyarakat • Kelompok masyarakat dalam berpartisipasi • Pelaksanaan • Isu LH • Interaksi manusia dengan LH |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 7. Pembahasan tentang Prakiraan dan Evaluasi Dampak • Identifikasi dampak • Metode dan teknik identifikasi dampak • Prakiraan dampak & tujuan • Tujuan dan manfaat evaluasi dampak • Metode evaluasi dampak • Metode Pengumpulan dan analisis data (MPAD) |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 9. Pembahasan tentang Kajian Aspek Lingkungan Fisik-Kimia | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 10. Pembahasan tentang Kajian Aspek Lingkungan Biologi | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 11. Pembahasan tentang Kajian Aspek Kesehatan Masyarakat Penyusunan Dokumen Kerangka Acuan (KA) |
Belajar mengajar dan tanya jawab. Menggunakan Zoom online. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 12. Pembahasan tentang Kajian Sosial Ekonomi | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 13. Pembahasan tentang Penyusunan Dokumen Kerangka Acuan | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 14. Pembahasan tentang Penyusunan Dokumen ANDAL – RKL RPL | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 15. Pembahasan tentang Penilaian dan Pemeriksaan Dokumen Lingkungan Hidup | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MPB3002-AMDAL (3 SKS), Semester: 6 TL.17.D.5, Dosen : Noviaji Joko Priono, S.K.M.,M.K.K.K., Ruang: 208, Hari: Rabu, 20.30 s.d 23.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Lingkungan
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa