Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Teknik Informatika |
Kode Matakuliah | TIPB19009 |
Nama Matakuliah | Kalkulus II |
Semester | 2 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | Tyas Ismi Trialfhianty, S.Pi., M.Sc., Fairuz Salma Afifah,S.T |
Peserta Perkuliahan | 311610063 - MOH KHAMIM, 311910001 - RIZKY ANUGRAH PRATAMA, 311910009 - RENDY ADI PRASSETIYO, 311910015 - MUHAMMAD SHOLIKIN, 311910036 - RANGGA TITO PRAYOGO, 311910086 - HAMDANI, 311910089 - RIZKY KURNIAWAN, 311910090 - HABIB AL HUDA, 311910092 - ANISYA AYU MUTIARA KRISTIAWAN, 311910173 - PURWANTO, 311910184 - WILIANTO, 311910190 - MONICA PUTRI UTAMI, 311910202 - HAMDI ABDUS SAMI, 311910204 - MOHAMMAD FASICHUL LISAN, 311910257 - RECHA IRFAN TRIJIANTO, 311910260 - NUNUK PANCA WULAN, 311910267 - SYAFIRA AMALIA, 311910300 - RADEN ALI MA'SUM, 311910302 - APRILIA NUR SAADAH, 311910483 - RENALDY JULIAN DWI WARDHANA, 311910552 - ARIF SUGIYANTO, 311910555 - HARY ALFARIZI, 311910570 - AGUNG ADLHIANTO, 311910572 - HARYO SETO MUHAMAD, 311910579 - MIFTAKHUL NUR AWALIN, 311910617 - YUSUF MUHAMMAD, 311910622 - IQBAL AHMAD, 311910623 - ZULFIKAR ALIZAKI, 311910640 - AHMAD ROSYIDIN, 311910683 - ARI ANGGITA PRASETYA, 311910689 - SUNARDI, 311910711 - MOH HASBI HASBIYAH, 311910728 - MUHAMMAD FARHAN, 311910736 - SUGIH HARTONO, 311910757 - AGIP SETYAWAN, 311910759 - FERAWATI MALAU, 311910812 - ARIF AKBAR KURNIAWAN, 311910814 - MUHAMMAD YAHYA |
Membahas mengenai integral tak tentu, integral parsial, integral subtitusi, integral tentu, aplikasi integral tentu yang menghitung Luas daerah sebuah biang datar, volume benda putar, panjang kurva, luas permukaan benda putar.
Setelah menyelesaikan mata kuliah Kalkulus II, mahasiswa diharapkan dapat memahami teknik pengintegralan serta mengaplikasikan integral tertentu.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Integral Tertentu | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan teknik pengintegralan dengan metode parsial | Pembahasan tentang teknik pengintegralan dengan metode parsial | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan teknik pengintegralan, Ketepatan menyebutkan metode integral parsial, dan lain sebagainya | Teknik pengintegralan metode parsial |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Fungsi pecah rasional akar real | Pembahasan tentang Fungsi pecah rasional akar real | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Fungsi pecah rasional akar real, Ketepatan menyebutkan dan lain sebagainya | Fungsi pecah rasional akar real |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan integral fungsi pecah rasional | Pembahasan tentang integral fungsi pecah rasional | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan integral fungsi pecah rasional, Ketepatan menyebutkan teknik pengintegralan, dan lain sebagainya | Integral fungsi pecah rasional |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Quiz | Quiz | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UTS SUSULAN II | MENGERJAKAN SOAL UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang integral tentu | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Luasan Daerah | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Luasan Daerah |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Luasan Daerah | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Luasan Daerah |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Volume Benda Putar | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Volume Benda Putar |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Aplikasi Integral | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Aplikasi Integral |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Panjang Kurva | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Panjang Kurva |
15 | QUIZ | Mengerjakan soal QUIZ | 3 x 50 menit | ||||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIPB19009-Kalkulus II (3 SKS), Semester: 2 TI.19.B.3, Dosen : Tyas Ismi Trialfhianty, S.Pi., M.Sc., Fairuz Salma Afifah,S.T, Ruang: 205, Hari: Rabu, 17.31 s.d 20.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa