Fakultas | TEKNIK (FT) |
Jurusan | Teknik Informatika |
Kode Matakuliah | TIF3254 |
Nama Matakuliah | Praktikum Perancangan Basis Data |
Semester | 6 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | Sufajar Butsianto,S.Kom.,M.Kom. |
Peserta Perkuliahan | 311610734 - IRFAN PRIMANTANA, 311710019 - FARID MAULANA, 311710065 - DIMAS PANJI ADITYANTORO, 311710100 - EXNASIUS DWI MEDA EXNANTO, 311710104 - MUHAMMAD MAHMUDI, 311710124 - ARJI PRASETIO, 311710139 - AHMAD SUHENDAR, 311710192 - RIKI HERMAWAN, 311710201 - KESWANTO, 311710274 - KHALIS SOFI, 311710277 - CLARA KUMALA SARI, 311710279 - RENNO BRYAN P. R., 311710281 - ALI IMRON MUSTAGHFIRI, 311710340 - NOVIANA, 311710433 - SITI FAZRIAH, 311710438 - MUHAMMAD FAKHRURAZY, 311710477 - AFIF FATHUROHMAN, 311710517 - FARID FATUROHMAN, 311710548 - TULASI, 311710603 - WIDI ANGGRAENI PUSPITASARI, 311710637 - NIDA AZIZAH ZAHRA, 311710656 - WARDI WAHYUDI, 311710714 - NUR WAHAB, 311710742 - AKUM KUMBARA, 311710829 - RIVAL RINALDI, 311710852 - RIZKY RAMADHAN PUTRA, 311710863 - YUSUF RAHAYU, 311710869 - MULYANA |
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan model-model ER | Pembahasan tentang Model Entity Relation Ship Diagram | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan DERAJAT RELASI NOTASI LAIN | Pembahasan tentang Bab 4 - DERAJAT RELASI NOTASI LAIN | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Bab 5 - TRANSFORMASI MODEL DATA ER ke BASIS DATA | Pembahasan tentang Bab 5 - TRANSFORMASI MODEL DATA ER ke BASIS DATA | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Transformasi Model data ER ke Basis Data | Pembahasan tentang rnasformasi Model Data ER ke Basis Data | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Studi Kasus ERD | Pembahasan tentang Studi Kasus ERD | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UTS | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 9. Normalisasi Data | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 10. Studi Kasus Normalisasi Data | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 11. SQL | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 12. Klausa dan Keyword dalam SQL | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 13. Klausa Join | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 14. Fungsi-Fungsi pada SQL Server | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 15. Stored Procedure | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UAS | Mengerjakan UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF3254-Praktikum Perancangan Basis Data (2 SKS), Semester: 6 TI.17.B.3, Dosen : Sufajar Butsianto,S.Kom.,M.Kom., Ruang: 305, Hari: Senin, 20.01 s.d 22.30, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Pelita Bangsa