TIF3256-Riset Teknologi Informasi (3 SKS) 6 TI.17.D.1 Sugeng Budi Rahardjo, ST., MM B.517, Jum'at, 17.31 s.d 20.00 2019/2020

DSpace Repository

TIF3256-Riset Teknologi Informasi (3 SKS) 6 TI.17.D.1 Sugeng Budi Rahardjo, ST., MM B.517, Jum'at, 17.31 s.d 20.00 2019/2020

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas TEKNIK (FT)
Jurusan Teknik Informatika
Kode Matakuliah TIF3256
Nama Matakuliah Riset Teknologi Informasi
Semester 6
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Sugeng Budi Rahardjo, ST., MM
Peserta Perkuliahan 311710006 - WARIS SUGIANTO,
311710008 - SUPRIYONO,
311710009 - FEBYAN SULASTRI,
311710020 - MUHAMMAD RIZKY HAMDANI,
311710021 - ROBI DARWIS,
311710023 - CITRA ASKARIYAH PRATIWI,
311710025 - ABIE MAHARDIKA,
311710026 - ROCHANI TRILARASATI,
311710027 - EKI FIRDAUS,
311710028 - RITA KRISDHAYANTI,
311710029 - DWI ASTUTIK,
311710030 - SULDANI,
311710032 - EFRILITA S,
311710036 - DENY KUNTORO,
311710038 - PUTRI RAHMADANI,
311710039 - MUHAMMAD RUSHKY RIZANO,
311710042 - EFI MEIDA PRATIWI,
311710043 - SISCA SUSANTI,
311710044 - SAJIDATUN ISHMAH,
311710045 - RIDWAN,
311710046 - DONY ANDREAN,
311710057 - FARID EFFENDI,
311710060 - DANI KHOERULOH,
311710061 - AYU TIARA,
311710062 - PRIYOGA AMBORO,
311710071 - HARIYANTO,
311710073 - ABIZAR AR RIFA'I,
311710075 - ROHMAT HIDAYANTO,
311710116 - FAOZI APRIANA,
311710179 - ABDUL RAHMAN CHOLIK,
311710217 - PANJI LIO RENO SAPUTRO,
311710232 - MUCH AHDIF FITRIANTO,
311710241 - SITI AMINAH,
311710300 - EHHA HANNIFAH,
311710384 - AFIP RIZQI SAPUTRA,
311710435 - MUHAMMAD ILMI ALIMUDIN,
311710440 - VIVI YUNITA WARUWU,
311710564 - MICHAEL JAYADI,
311710599 - NURJANAH,
311710606 - NAUFAL MUYASSAR,
311710611 - SUSI EVANGGELISTA PANJAITAN,
311710621 - IYAN SOPIYAN,
311710632 - FERRY DWI PRASAJA,
311710660 - SILVI WIDIANI,
311710676 - USWATUN KHASANAH,
311710747 - TAUFIQ ALHAKIM,
311710750 - IVAN REYNATA

2. Deskripsi Pembelajaran

Dalam matakuliah ini terdapat dua kegiatan, yaitu teori Metode Penelitian dan Praktek Penulisan.
Teori meliputi :
1. Pengertian penelitian;
2. Prinsip-prinsip penelitian;
3. Paradigma penelitian dalam bidangnteknologi informasi,
4. Kajian Perpustakaan dan dokumentasi;
5. Proses dan etika dalam penelitian;
6. Desain Penelitian
7. Penelitian pengembangan, Penelitian survey, Penelitian eksperimen;
8. Data kualitatif dan Kuantitatif
9. Teknik pengumpulan Data;
10. Pembuatan kuesioner; teknik wawancara dan observasi;
11. Cara menentukan sampel;
12. Teknik analisis data;
13. Penulisan proposal penelitian; Penulisan laporan
Penulisan meliputi :
1. Penyerahan Judul dan alasan pemilihan judul tsb (exclude judul yg tidak di perbolehkan spt Rancangan aplikasi)
2. Penyerahan 3 Jurnal (bebas, english/ Indo)
3. Penyusunan abstraksi
4. Penyusunan Bab 1
5. Penyusunan Bab 2 (Teori, Mendeley, Kerangka fikir)
6. Penyusunan Kesimpulan
7. Penyusunan Daftar Pustaka

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa di harapkan dapat menentukan Judul Tugas Akhir, Menyusun latar belakang, tujuan, batasan, menyiapkan Jurnal –jurnal Kajian, Menyiapkan Teori, Pembuatan Kerangka Kerja, Hipotesis, Menyusun sistem yang berjalan, menyusun sistem yang akan di perbaiki, membuat desain pemrograman, pengujian sistem, dan merumuskan hasil
penelitian dan terakhir menyusun tugas akhir

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang diskusi judul dan Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu mengerti tujuan penyusunan skripsi Pengantar RTI Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Penilaian pada kehadiran di forum dan upload tugas Bab 1
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Kajian Literatur Belajar di rumah, menjawab Diskusi dan Membuat Tugas Mandiri Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Bab 3 Review Literatur
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan Riset Problem Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Bab 4
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Indentifikasi Variabel mendengarkan bahan dosen, menjawab diskusi, menjawab tugas mandiri Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. definisi variabel
2. jenis variabel
3. Indikator
4. Skala Pengukuran
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Membuat Konstruksi Hipotesis Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Pembuatan Kerangka hipotesisi
2. Menguji Hipotesis
3. Error hipotesis
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... UTS MENGERJAKAN SOAL UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... rancangan riset Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya teori kasualitas dan membuat rancangan
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Merancang studi riset Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Perbedaan studi kualitatif dan kuantitatif
2. Rancangan studi kuantitatif
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pengumpulan data Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. data kuantitatif dan kualitatif
2. data skunder dan primer
3. cara menggali data
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Validitas dan reliabilitas pada riset kuantitatif Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. definis validitas dan reliabilitas
2. fungsi validitas dan reliabilitas
3. Rumus, cara hitung dan evaluasi hasil test
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Metode sampling Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. perbedaan sampling kuantitatif vs kualitatif
2. tipe sampling
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... sampling pada riset kuantatif dan riset kualitatif Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1.Sampling non acak, non probabilitas pd riset kuantitatif.
2. Rancangan sistem ‘campuran’
3. Menghitung ukuran sampel
4. Sampling pada riset kualitatif
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... UAS MENGERJAKAN SOAL UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: TIF3256-Riset Teknologi Informasi (3 SKS), Semester: 6 TI.17.D.1, Dosen : Sugeng Budi Rahardjo, ST., MM, Ruang: B.517, Hari: Jum'at, 17.31 s.d 20.00, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: Teknik Informatika

Recent Submissions

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account

Discover

RSS Feeds